Hasil Piala FA: Arsenal Tersingkir, Tottenham Lolos

Arsenal, yang merupakan juara bertahan Piala FA, disingkirkan klub divisi dua Liga Inggris, Nottingham Forest, di putaran ketiga, Ahad malam. Sedangkan Tottenham Hotspur lolos dengan menyingkirkan tim divisi ketiga AFC Wimbledon.

Arsenal takluk 2-4 di kandang Nottingham, Stadion City Ground, Nottingham. Ini jadi kekalahan pertama Arsenal di putaran ketiga kompetisi ini, di bawah arahan pelatih Arsene Wenger. The Gunners terakhir kali gagal lolos dari putaran tiga pada musim 1995/96 saat dikalahkan Sheffield United.

Arsenal harus menjalani pertandingan malam ini tanpa ditemani Arsene Wenger yang dihukum tiga laga oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) atas komentarnya sesuai ditahan imbang 1-1 West Bromwich Albion pada awal pekan ini.

The Gunners tertinggal 0-1 dari gol pemain bertahan The Forest asal Amerika Serikat, Eric Lichaj, yang meneruskan umpan tendangan bebas Kieran Dowell pada menit ke-20.

Keunggulan The Forest hanya bertahan tiga menit karena Arsenal membalas lewat gol Per Mertesacker. Tapi, Nottingham kembali unggul pada menit ke-44 lewat gol kedua Eric Lichaj.

Arsenal bahkan tertinggal 1-3 oleh tendangan penalti Ben Brereton menyusul pelanggaran Rob Holding yang menjatuhkan Matty Cash pada menit ke-64. Gol Danny Welbeck yang memanfaatkan kesalahan kiper Jordan Smith pada menit ke-79 sempat menumbuhkan harapan bagi Arsenal untuk mengejar ketertinggalan. Namun harapan itu sirna setelah Nottingham kembali mencetak gol lewat tendangan penalti Kieran Dowell pada menit ke-85.

Nottingham Forest sempat bermain dengan 10 orang setelah Joe Worrall dikartu merah karena melanggar Chuba Akpom pada menit ke-89. Namun, mereka mampu mempertahankan keunggulan.

Sementara itu, Tottenham Hotspur melaju ke putaran empat Piala FA setelah menyingkirkan AFC Wimbledon 3-0 di Wembley, Minggu. Keunggulan Spurs dipastikan oleh dua gol Harry Kane dan satu gol Jan Vertonghen.

Wimbledon yang menghuni papan bawah divisi ketiga pun layak mendapat pujian karena mampu bertahan tidak kebobolan selama 60 menit di markas Timnas Inggris itu, padahal Tottenham menurunkan tiga triker sekaligus yaitu Lamela, Kane, dan Llorente.

Klub berjuluk The Dons itu bahkan nyaris mencuri keunggulan jika bola dari tendangan keras Jimmy Abdou tidak menghantam tiang gawang Vorm pada menit ke-29.

Spurs baru mengemas peluang matang melalui sepakan Dembele yang tidak berbuah gol karena mengenai tiang gawang pada menit ke-52. Bola kemudian diamankan kiper Wimbledon.

Harry Kane memecah kebuntuan Spurs lewat golnya di menit ke-63 berkat umpan mendatar yang dilepaskan Sissoko dari sisi kanan. Kiper Wimbledon mencoba keluar untuk menggapai umpan Sissoko namun tidak berhasil sehingga memberikan ruang untuk Kane mencetak gol.

Hanya berselang dua menit dari gol pertama, Harry Kane menambah keunggulan Spurs menjadi 2-0 melalui tendangan jarak dekat setelah menerima umpan Walker-Peters.

Tottenham menutup pertandingan dengan skor 3-0 berkat sepakan Jan Vertonghen yang dilepaskan dari luar kotak penalti setelah pemain bertahan Timnas Belgia itu mencuri bola dari kaki Lyle Taylor.

Harry Kane nyaris mencetak hattrik jika sepakan dari luar kotak penalti tidak ditepis kiper Wilmbledon. Skor 3-0 untuk keunggulan Tottenham bertahan hingga laga selesai, demikian Skysports.

Hasil Piala FA Ahda malam selengkapnya:
Newport County 2 – 1 Leeds United
Shrewsbury Town 0 – 0 West Ham United
Tottenham Hotspur 3 – 0 AFC Wimbledon
Nottingham Forest 4 – 2 Arsenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *