6 Bintang Sepak Bola Pensiun pada 2017, Ini Daftarnya

Tahun 2017 menjadi momen cukup menyesakkan bagi para penggemar sepak bola.

Pasalnya, enam bintang lapangan hijau memutuskan pensiun pada tahun lalu.

Salah satu yang paling menyesakkan adalah keputusan pensiun yang dibuat kapten AS Roma Francesco Totti.

Pria berjuluk Pangeran Roma itu merupakan simbol perlawanan terhadap banyak hal tentang sepak bola modern.

Totti dianggap simbol perlawanan terhadap sepak bola yang makin kapitalis.

Totti juga merupakan contoh nyata loyalitas jauh di atas pundi-pundi uang di dalam kontrak.

Selain Totti, beberapa legenda yang memutuskan pensiun adalah Xabi Alonso dan Andrea Pirlo.

Berikut ini daftar 6 legenda yang pensiun pada 2017:

Phlipp Lahm

“Philipp Lahm merupakan pemain tercerdas yang pernah bekerja dengan saya. Dia selalu bermain bagus, dia sosok kapten sempurna. Seorang legenda dan bukan sekadar di lapangan karena dia membantu saya memahami arti Bayern Muenchen,” ujar pelatih Manchester City dan mantan arsitek Muenchen Pep Guardiola.

 

Xabi Alonso

“Xabi (Alonso), kualitasmu tak lagi diragukan. Permainan berkelas di lapangan dan sosok gentle di luar lapangan. Sungguh satu kebahagiaan bermain bersamamu dan saya merindukanmu sejak hari kami meninggalkan Liverpool. Selamat untuk karier yang sempurna dan semoga beruntung untukmu dan keluargamu di masa mendatang,” kata legenda Liverpooll Steven Gerrard.

Andrea Pirlo

“Di mana pun saya melihatnya menguasai bola, saya bertanya kepada diri saya sendiri pantaskah saya disebut seorang pesepak bola?” ujar mantan penggawa AC Milan Gennaro Gattuso.

 

Frank Lampard

“(Rekor) Apa lagi? Terima kasih, Frank Lampard, pencetak gol sepanjang masa Chelsea. Sosok gentle dengan nilai-nilai yang sesungguhnya. Saya pun merasa terhormat bisa bermain dan menghabiskan bertahun-tahun bersamanya. Saya belajar banyak hal selama latihan denganmu, bahkan setelah sesi latihan usai kita memilih bertahan di lapangan untuk menemukan cara mencetak lebih banyak gol. Saya akan bisa lebih banyak menulis tentangmu, gol paling menyenangkan, gol paling sulit yang pernah kita bagi. Namun saya hanya akan berkata: Terima kasih, legenda,” terang mantan pemain Chelsea Didier Drogba.

 

Francesco Totti

“Ada sosok pesepak bola yang abnormal, ada juga karier yang abnormal. Hanya ada bendera dan banner buat Fransecso (Totti). Saya melihat sebuah banner yang mengatakan ada pertarungan sesungguhnya melawan sepak bola modern untuk memakai jersey yang sama untuk 25 tahun. Saya tahu bagaimana sulitnya hidup di sebuah kota dan klub yang membagi setiap orang. Namun, Totti mengaturnya untuk menyatukan semua orang. Tak seorang pun bisa beradu argumen dengan Totti. Buat saya, Totti merupakan lebih dari teman yang tidak saya lihat setiap hari,” ujar kapten AS Roma Daniele de Rossi.

Kaka

“Kaka, saya merindukan melihatmu membawa bola dengan kakimu, kamulah seorang penyihir (lapangan). Semoga beruntung untuk petualangan selanjutnya,” kata legenda Brasil Pele.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *