Penalti Kontroversial Batalkan Kemenangan Arsenal

Arsenal batal menang atas tuan rumah West Bromwich Albion dalam pertandingan pekan ke-21 Liga Primer Inggris akibat penalti kontroversial yang dieksekusi Jay Rodriguez di ujung laga.

Dalam pertandingan yang berakhir pada Senin dini hari WIB (1/1/2018) di Stadion The Hawthorns di West Bromwich, Arsenal sempat memimpin 1-0 dari gol bunuh diri penyerang sayap tuan rumah James McClean yang salah mengantisipasi tendangan bebas Alexis Sanchez pada menit ke-83.

Namun kemenangan yang sudah di depan mata lenyap pada menit 89 setelah West Brom menyamakan kedudukan dari eksekusi penalti Jay Rodriguez.

Penalti itu dinilai kontroversial karena bola hasil tendangan bek kiri West Brom, Kieran Gibbs, yang hingga musim lalu masih membela Arsenal, sebenarnya hanya mengenai badan Calum Chambers, sementara tangannya berada di bagian depan tubuhnya.

Sejumlah pemain Arsenal, termasuk Hector Bellerin dan Petr Cech, melayangkan protes kepada wasit Mike Dean. Gelandang The Gunners, julukan Arsenal, Jack Wilshere, bahkan diganjar kartu kuning atas protes kerasnya, namun sang wasit bertahan dengan keputusannya memberikan penalti untuk West Brom.

Setelah pertandingan, pelatih Arsenal Arsene Wenger pun terlihat menunggu wasit untuk menyampaikan keberatannya atas penalti itu.

Hasil imbang ini membuat Arsenal tertahan di posisi kelima klasemen dengan 38 poin, terpaut 3 angka di belakang Liverpool di peringkat empat, sedangkan West Brom naik satu setrip dari dasar klasemen ke peringkat 19 dengan 16 poin, sama dengan Swansea City sebagai juru kunci, tapi West Brom unggul selisih gol -13 berbanding -19.

Hasil pertandingan pekan ke-21 hingga Senin dini hari WIB:AFC Bournemouth 2 vs Everton 1; Chelsea 5 vs Stoke City 0; Huddersfield Town 0 vs Burnley 0; Liverpool 2 vs Leicester City 1; Newcastle Unitede 0 vs Brighton & Hove Albion 0; Watford 1 vs Swansea City 2; Manchester United 0 vs Southampton 0; Crystal Palace 0 vs Manchester City 0; West Bromwich Albion 1 vs Arsenal 1.

Pekan ke-21 masih menyisakan satu pertandingan lagi yakni Tottenham Hotspur menjamu West Ham United yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (5/1/2018) mulai pk. 03:00 WIB.

Sebelum itu, Liga Primer Inggris akan memainkan lebih dulu 10 pertandingan pekan ke-22 yang dimulai pada Senin malam WIB (1/1/2018) hingga Kamis pagi WIB (4/1/2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *