Dipecat AC Milan, Montella Menuju Sevilla

Kapasitas Vincenzo Montella sebagai pelatih ternyata masih layak diperhitungkan. Usai dipecat oleh AC Milan, 27 November lalu, kini, pelatih yang mempersembahkan gelar Suppercoppa Italia untuk AC Milan itu didekati oleh klub Spanyol, Sevilla.

Bahkan, menurut sejumlah sumber terpercaya di Spanyol maupun di Italia, Montella kabarnya akan segera diperkenalkan oleh Sevilla dalam 24 jam ke depan.

Sevilla kini tinggal menegosiasikan perihal ikatan kontrak kerja pelatih 43 tahun itu dengan AC Milanyang belum diputus saat pemecatannya. Kontrak itu masih berlaku hingga Juni 2019.

Lebih lanjut dikabarkan, Montella akan dikontrak oleh Sevilla hingga Juni 2019. Dia akan didampingi oleh legenda sepak bola Italia, yang pernah bermain untuk Sevilla, Enzo Maresca. Maresca akan bertugas sebagai asisten Montella.

Seperti diketahui, Sevilla secara mengejutkan mendepak Eduardo Berizzo tiga hari sebelum Hari Natal, atau tepatnya seminggu setelah ia menjalani operasi kanker.

Setelah pemecatan Berizzo, sempat berembus kabar bahwa para direktur Sevilla terbang ke Italia untuk menemui Walter Mazzari, mantan pelatih Napoli dan Watford. Namun, Mazzari tampaknya masih meragukan, dan sebab itu, petinggi Sevilla mengurungkan niat untuk memperkerjakannya.

Kiprah Montella

Adapun Montella memulai karier kepelatihannya di tim muda AS Roma pada tahun 2009. Waktu itu usainya masih 35 tahun.

Ia baru pensiun dari AS Roma. Februari 2011, ia sempat melatih AS Roma senior selama empat bulan, untuk mengisi kekosongan pelatih sepeninggal Claudio Ranieri yang memutuskan mundur. Juni tahun yang sama, ia melatih Catania selama semusim.

Berikutnya, tahun 2012, Montella ditunjuk sebagai pelatih Fiorentina. Di klub asal Kota Firenze inilah karier terlama dan tersukses Montella sejauh ini.

Karier Montella

Ia melatih La Viola selama tiga musim. Selama itu pula ia membawa Fiorentina finis di peringkat empat klasemen secara berturut-turut. Ia juga sukses mengantarkan Fiorentina sampai babak semifinal Liga Europa tahun 2015, dan lolos final Coppa Italia tahun 2014 meski akhirnya kalah 1-3 dari Napoli.

Selepas melatih Fiorentina, sebelum melatih AC Milan, Montella sempat melatih Sampdoria selama delapan bulan (November 2015 – Juni 2016).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *