Klopp Tak Ingin Berlama-lama Melatih Liverpool

Juergen Klopp mengungkapkan bila dirinya tak mungkin melatih cukup lama di Liverpool. Seperti halnya, Arsene Wenger di Arsenal dan Sir Alex Ferguson ketika menukangi Manchester United.

Klopp didatangkan Liverpool pada Oktober 2015, menggantikan Brendan Rodgers. Manajer asal Jerman ini diharapkan bisa mengakhiri puasa gelar juara Premier League bagi Liverpool.

Namun, Klopp sejak awal mengatakan bila tak mudah untuk bisa cepat memberikan gelar juara. Pencapaian terbaik Klopp bersama Liverpool sejauh ini adalah runner-up di ajang Piala Liga Inggris dan Liga Europa pada musim lalu.

Di musim ini, Klopp masih berpeluang untuk memberikan gelar juara di tiga ajang. Tetapi, peluang besar hanya berada di Liga Champions dan Piala FA.

Melihat kondisi itu, Klopp menilai dirinya bisa saja pergi usai memberikan gelar juara. Terlebih, dia tidak memiliki catatan melatih dengan jangka waktu cukup lama di sebuah klub.

“Bahkan jika anda memenangkan sesuatu, yang amat dinantikan semua orang di sini, itu bisa menjadi momen di mana saya bakal mengatakan, ‘Oke, namun sekarang kami harus pergi’,” kata Klopp dilansir Goal Internasional.

“Bertahan di sini selama 20 tahun? Saya tidak tahu. Sejauh ini usai tujuh tahun, saya merasa saya mungkin harus pergi. Saya tidak merasa bahwa saya tengah mendekati momen itu dan semuanya baik-baik saja. Namun akan sulit menjadi pelatih jangka panjang di Liverpool,” sambungnya.

Eks pelatih Borussia Dortmund ini tak yakin bisa mengikuti jejak Wenger dan Ferguson. Di mana, melatih hingga berpuluh tahun dalam satu klub.

“Jika ada orang yang berpikir mereka bisa punya karir seperti Alex Ferguson atau Arsene Wenger, saya tidak yakin itu bisa terjadi lagi,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *