Cech di Ambang Torehan Clean Sheet, tapi Arsenal Sedang Inferior terhadap Liverpool

Petr Cech punya kans mencapai sebuah torehan istimewa saat Arsenal menghadapi Liverpool. Akan tetapi, Arsenal justru sedang inferior di hadapan lawannya itu.

Pesepakbola Republik Ceko itu saat ini telah mencetak 199 clean sheet di Premier League, yang didapat dalam 420 penampilan bersama Chelsea dan Arsenal. Selama 11 musim memperkuat Chelsea, Cech membukukan 162 clean sheet dan 37 clean sheet sejak hengkang ke Arsenal pada 2015.

Saat ini Cech sudah menjadi kiper dengan jumlah clean sheet terbanyak dalam sejarah kompetisi, jauh mengungguli David James (169) yang pernah memperkuat Liverpool, West Ham, dan Manchester City.

Arsenal akan menjamu Liverpool di Emirates, Sabtu (23/12/2017) dinihari WIB. Cech berpeluang besar menajamkan rekornya dengan menjadi kiper pertama yang mencapai 200 clean sheet di Premier League.

Namun, Cech dihadapkan pada tantangan besar. Arsenal tidak pernah bisa mengalahkan Liverpool dalam lima pertemuan terakhir dengan tiga kekalahan dan dua kali imbang.

Dalam periode itu, Arsenal kebobolan 14 gol dan hanya memasukkan tujuh gol saja. Terakhir kali gawang Arsenal yang dijaga Cech gagal dibobol Liverpool adalah saat duel berakhir tanpa 0-0 di London Utara pada Agustus dua tahun lalu.

“Kami sudah memainkan 18 pertandingan di musim ini dan memiliki sembilan clean sheet, rasio yang cukup bagus menurutku,” kata Cech.

“Beberapa pekan lalu, aku menghadapkan bahwa dengan banyaknya pertandingan yang akan digelar sebelum Natal, pertandingan Liverpool akan menjadi pertandingan di mana pada akhirnya aku bisa mendapatkan clean sheet ke-200. Jadi ini sesuai rencana.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *