3 Fakta Menarik di Sepanjang Sejarah Liga Inggris, Nomor 1 Paling Unik

LIGA Inggris telah memberikan ciri khasnya dengan meyajikan berbagai laga sengit. Setiap pergerakan pemain di atas lapangan, dapat dipantau dan menghasilkan sejumlah rekor unik.

Musim 2017-2018 merupakan musim yang terbilang spesial bagi Liga Inggris. Sebab kompetisi sepakbola tertinggi di Inggris itu akan merayakan hari jadinya yang ke-25 tahun. Sepanjang seperempat abad kompetisi ini berjalan, terdapat beberapa fakta- unik. Lantas, fakta menarik apa saja yang ada di kompetisi Liga Inggris ini?

Berikut ini tiga fakta menarik di Liga Inggris mengutip dari Sportskeeda:

3. Kiper dengan Assist Terbanyak

Paul Robinson yang pernah membela Tottenham Hotspur dan Blackburn Rovers mencetak satu rekor semasa aktif sebagai pesepakbola (kiper). Mantan kiper Tim Nasional (Timnas) Inggris itu adalah kiper dengan jumlah assist terbanyak. Sepanjang kariernya, ia mengemas lima assist.

Selain itu, Robinson juga pernah mencetak gol ke gawang Watford. Saat itu, ia mencetak gol dari jarak 86 meter! Sewaktu aktif sebagai kiper, Robinson juga pernah dipercaya mengawal gawang Timnas Inggris sebanyak 41 pertandingan.

2. West Ham Hanya Satu Kali Surplus Gol

Musim 2017-2018 merupakan musim ke-21 beruntun West Ham tampil di Liga Inggris. Namun dalam periode itu, hanya satu kali The Hammers –julukan West Ham– mencatatkan surplus gol.

Momen itu terjadi pada 2015-2016. Saat itu, tim asuhan Slaven Bilic mengemas 65 gol dan kemasukan 51 gol. Hal itu berarti, mereka memilki surplus 14 gol. Musim ini, West Ham berpotensi kembali minus selisih gol. Hingga pekan 18, Wet Ham memiliki minus 18 gol.

1. Pemain Unik saat Eksekusi Penalti

Sepanjang sejarah Liga Inggris, hanya ada dua pemain yang mencetak gol penalti lewat dua kaki berbeda. Kedua pemain itu adalah Obafemi Martins dan Bobby Zamora.

Saat berseragam Fullham, Zamora memutuskan mengambil penalti dengan kaki kiri dan itu berhasil dilakukannya. Hal itu terjadi saat ia mencetak gol gawang lawan Newcastle pada 2012. Sedangkan Martins selama tiga tahun membela Newcastle (2006-2009), ia masing-masing satu kali mengeksekusi penalti dengan kaki kiri dan kanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *