Tim-tim Lolos 32 Besar Liga Europa: Arsenal, Milan, Marseille, Bilbao

Athletic Bilbao dan Olympique Marseille termasuk di antara delapan tim terakhir yang lolos ke 32 besar dari fase grup hasil matchday terakhir Liga Europa dalam rangkaian pertandingan yang digelar sejak Jumat dini hari hingga pagi WIB (8/12/2017).

Di Grup J, Bilbao berhasil melaju ke 32 besar setelah mengandaskan tuan rumah Zorya Luhansk dengan skor 2-0 di Stadion Arena Lviv di Lviv, Ukraina, dengan gol Aeirz Asuriz (70’) dan Raul Garcia (86’).

Dengan demikian, Bilbao, wakil La Liga Spanyol, memuncaki klasemen akhir Grup J dengan nilai 11, sama dengan tim Swedia Ostersund, namun Bilbao unggul head to head 3-2 meskipun kalah selisih gol 3 berbanding 4. Keduanya lolos ke 32 besar.

Sementara itu, di Grup I, Marseille finis sebagai runner up walaupun di laga terakhir di kandang sendiri, Stradion Velodrome di Marseille, Prancis, ditahan imbang wakil Austria Red Bull Salzburg tanpa gol.

Marseille finis sebagai runner up dengan mendulang nilai 8, unggul 2 angka atas Konyaspor (Turki). Di pucuk klasemen ada Salzburg (12) yang memang sebelum bermain telah memastikan tampil sebagai juara grup dan dasar klasemen diisi Vitoria Guimaraes (Portugal, 5).

Hasil laga lain, Konyaspor seri 1-1 di kandang Vitoria. Namun, kalau pun Konyaspor menang atas Vitoria sehingga poinnya sama dengan Marseille, tetap Marseille, kontestan Ligue 1 Prancis, yang melaju ke 32 besar, karena unggul head to head 2-1 atas Konyaspor.

Sementara itu, hasil lain yang patut dicatat di antara rangkaian pertandingan pekan terakhir fase grup Liga Europa ialah Arsenal pesta enam gol tanpa balas atas BATE Borisov (Belarusia) di Stadion Emirates di London, Inggris, serta AC Milan kalah 0-2 dari klub Kroasia, Rijeka.

Kemenangan Arsenal makin mengukuhkannya sebagai juara Grup H, begitu pula bagi Milan, kekalahan dengan skor berapa pun tak mengusiknya sebagai juara Grup D.

Sebanyak 48 tim mengikuti fase grup Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa kelas dua setelah Liga Champions. Mereka dibagi menjadi 12 grup, setiap grup berisi empat tim. Juara dan runner up setiap grup lolos ke 32 besar.

Ke-24 tim yang lolos dari fase grup Liga Europa ke 32 besar ialah Villarreal, Astana (A), Dynamo Kiev, Partizan Beograd (B), Sporting Braga, Ludogorets Razgrad (C), AC Milan, AEK Athens (D), Atalanta, Olympique Lyonnais (E), Steaua Bukarest, Viktoria Plzen (G), Arsenal, Red Star Beograd (H), Red Bull Salzburg, Olympique Marseille (I), Athletic Bilbao, Ostersund (J), Lazio, Nice (K),  Zenit, Sociedad (L).

Selain 24 tim yang lolos dari fase grup Liga Europa, delapan tim lainnya diisi dari tim-tim yang finis di peringkat ketiga fase grup Liga Champions yakni CSKA Moskwa, Celtic, Atletico Madrid, Sporting Lisbon, Spartak Moskwa, Napoli, RB Leipzig, dan Borussia Dortmund.

Undian pertandingan babak 32 besar Liga Europa akan dilaksanakan di markas Union of European Football Associations (UEFA) di Nyon, Swiss, pada Senin (11/12/2017) malam WIB bersamaan dengan undian 16 besar Liga Champions Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *