Jadwal Liga Champions: Munchen vs PSG, MU vs CSKA, Liverpool vs Spartak

Fase grup Liga Champions Eropa musim 2017-2018 segera memasuki matchday keenam atau terakhir fase grup.

Sebanyak 32 tim telah dan masih akan mengeluarkan segenap daya mereka untuk meraih trofi kompetisi tertinggi antarklub negara-negara anggota Union of European Football Associations (UEFA).

Mereka dibagi menjadi delapan grup dengan setiap grup berisi empat tim. Setiap dua tim yang finis teratas berhak lolos ke babak 16 besar, sedangkan tim yang finis di posisi ketiga masuk ke 32 besar Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions.

Hingga matchday kelima, delapan tim telah memastikan lolos ke fase knock out atau babak 16 besar yakni Paris Saint-Germain dan Bayern Munchen dari Grup B, Chelsea (C), Barcelona (D), Manchester City (F), Besiktas (G), serta Tottenham Hotspur dan Real Madrid (H).

Pada matchday keenam ini, yang paling besar kemungkinannya ialah Manchester United dari Grup A. Sebenarnya MU dapat disebut tinggal ‘sejengkal’ lagi lolos ke 16 besar sejak matchday keempat ketika mereka memenangi empat laga awal fase grup.

Namun, kelolosan mereka ke 16 besar sedikit tertunda setelah kalah 0-1 di kandang Basel, Stadion St. Jakob Park di Basel, Swiss, akibat gagal membalas gol yang dicetak tuan rumah melalui Michael Lang 2 menit menjelang laga usai pada pekan kelima.

Walaupun tinggal ‘sejengkal’ lagi, secara matematis MU belum bisa disebut lolos, karena masih ada kemungkinan kalah—walaupun luar biasa kecil dan nyaris tak mungkin—dengan skor telak hingga selisih tujuh gol di matchday terakhir saat menjamu CSKA Moskwa di Old Trafford.

Jika secara ajaib MU kalah dari CSKA selisih tujuh gol—sekali lagi hasil yang masuk kategori luar biasa—dari CSKA dan di laga lain Basel mengalahkan tuan rumah Benfica dengan skor berapa pun, maka nilai MU, Basel, dan CSKA sama-sama 12 sehingga ketiganya harus dihitung hasil head to head dan MU akan kalah selisih gol.

CSKA akan berada di posisi teratas dengan selisih gol +3, Basel runner up dengan selisih gol -1, sedangkan MU tersingkir karena selisih golnya -2.

Meskipun demikian, hitung-hitungannya normalnya, MU dapat disebut telah sejengkal lagi lolos ke 16 besar walaupun kalah, katakanlah selisih enam gol, dari CSKA di laga terakhir.

Saat ini selisih gol MU 7-2, CSKA 3-7, sedangkan Basel 4-5. Posisi nilai sementara MU teratas di klasemen dengan nilai 12, diikuti Basel dan CSKA masing-masing 9, dan di dasar klasemen Benfica tanpa nilai karena selalu kalah di lima laga.

Sementara itu di Grup B, Bayern Munchen mengincar kemenangan selisih empat gol atas Paris Saint-Germain (PSG) demi mengejar posisi sebagai juara grup.

Keduanya telah dipastikan lolos sejak matchday keempat. Namun, laga terakhir fase grup ini sangat penting untuk mengejar posisi sebagai juara. Status juara membuat tim bersangkutan hanya akan bertemu runner up grup lain di 16 besar yang hampir bisa dipastikan lebih lemah ketimbang tim juara grup.

Munchen kalah 0-3 pada pertemuan pertama di Paris, sehingga mesti menang selisih gol agar menang head to head dengan nilai sama-sama 15.

Di Grup C, AS Roma dan Atletico Madrid rebutan posisi runner up. Namun, Roma layak dijagokan lolos karena nilainya saat ini 8, sedangkan Atletico 6.

Apalagi di laga terakhir Roma hanya akan menjamu tim lemah Qarabag. Jika Roma menang, hasil apa pun yang diraih Atletico di kandang Chelsea tak akan menghadang tim Serie A Italia untuk melaju ke babak berikutnya.

Di Grup D, Juventus dan Sporting Lisbon bersaing untuk mendampingi Barcelona lolos ke 16 besar. Nilai Juventus 8, sedangkan Sporting 7. Juve layak lebih dijagokan lolos, karena hanya bertandang ke markas Olympiakos, sementara Sporting harus bertandang ke Barcelona.

Di Grup E, persaingan masih ketat. Liverpool di posisi teratas klasemen dengan nilai 9, diikuti Sevilla 8, Spartak Moskwa 6, dan Maribor telah tersisih dengan hanya 2 angka.

Di laga terakhir, Liverpool menjamu Spartak, sedangkan Sevilla bertamu ke Maribor. Melihat komposisi matchday terakhir demikian, Liverpool dan Sevilla calon terkuat ke 16 besar.

Sementara itu di Grup F, Napoli bersaing dengan Shakhtar Donetsk mendampingi Manchester City. Nilai City saat ini 15 dan telah lolos, diikuti Shakhtar 9, Napoli 6, dan Feyenoord Rotterdam juru kunci tanpa nilai karena selalu kalah.

Napoli akan bertandang ke markas Feyenoord. Jika menang, Napoli bisa lolos jika Shakhtar kalah di kandang sendiri dari ManCity.

Status tuan rumah menguntungkan Shakhtar yang cukup mencari hasil imbang, masalahnya City selalu menangh di lima laga awal dan dipastikan pelatih Pep Guardiola tak mau ternoda dengan kehilangan angka di laga terakhir.

Di Grup G, Porto dan RB Leipzig bersaing untuk finis sebagai runner up mendampingi Besiktas yang telah dipastikan juara grup dengan nilai 11.

Koleksi angka Porto dan Leipzig sama-sama 7. Di laga terakhir, Leipzig menjamu Besiktas yang sudah pasti main tak maksimal lantaran telah pasti juara, sedangkan Porto menjamu Monaco yang sudah dipastikan tersingkir sebagai juru kunci sehingga juga tak akan main dengan kekuatan maksimal.

Jika hasil dua laga itu sama-sama seri atai Leipzig dan Porto menang atau sebaliknya sama-sama kalah, berapa pun skornya, maka Porto yang lolos sebagai peringkat kedua karena unggul head to head atas Leipzig 5-4.

Terakhir di Grup H, dua pertandingan hanya akan menentukan tim mana yang akan keluar sebagai juara dan runner up. Saat ini klasemen sementara dipuncaki Tottenham Hotspur (13), diikuti Real Madrid (10), serta Borussia Dortmund dan Apoel dengan nilai masing-masing 2 telah tersisih.

Spurs hampir bisa dipastikan akan menjadi juara grup karena hanya menjamu Apoel, sehingga hasil seri saja telah menempatkannya sebagai juara grup, apa pun hasil pertandingan Madrid versus Dortmund.

Berikut jadwal pertandingan matchday keenam (dalam WIB):

Grup A:

Rabu, 6 Desember:

02:45   Benfica vs Basel

02:45   Manchester United vs CSKA Moskwa

Grup B:

Rabu, 6 Desember:

02:45   Bayern Munchen vs Paris Saint-Germain

02:45   Celtic vs Anderlecht

Grup C:

Rabu, 6 Desember:

02:45   Chelsea vs Atletico Madrid

02:45   AS Roma vs Qarabag

Grup D:

Rabu, 6 Desember:

02:45   Barcelona vs Sporting Lisbon

02:45   Olympiakos Piraeus vs Juventus

Grup E:

Kamis, 7 Desember:

02:45   Maribor vs Sevilla

02:45   Liverpool vs Spartak Moskwa

Grup F:

Kamis, 7 Desember:

02:45   Feyenoord Rotterdam vs Napoli

02:45   Shakhtar Donetsk vs Manchester City

Grup G:

Kamis, 7 Desember:

02:45   RB Leipzig vs Besiktas

02:45   Porto vs AS Monaco

Grup H:

Kamis, 7 Desember:

02:45   Real Madrid vs Borussia Dortmund

02:45   Tottenham Hotspur vs Apoel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *