Inilah Calon Lawan Persija di AFC Cup 2018

Persija diprediksi akan masuk dalam grup F, G atau H di ajang AFC Cup 2018 mendatang.

Sebab, tiga grup itu biasanya merupakan klub-klub dari AFF atau kawasan ASEAN.

Sepertinya langkah Persija di AFC Cup 2018 juga tidak mudah. Sebab, mereka akan bertemu tim kuat dari Vietnam, FLC Thanh Hoa dan Song Lam Nghe An.

Selain itu, masih ada tim kuat dari perwakilan Myanmar, Filipina, Singapura dan Laos.

Klub berjuluk Macan Kemayoran terakhir kali berlaga di kancah di Asia pada tahun 2001/2002.

Saat itu, Persija menjadi jawara Liga Indonesia dan tampil di Liga Champions Asia.

Namun, langkah klub ibu kota itu langsung terhenti di laga perdana setelah ditaklukkan juara Liga Jepang, Kashima Antlers.

FLC Thanh Hoa

Thanh Loha merupakan klub asal Vietnam. Mereka berhak tampil di AFC Cup 2018 usai menjadi runner up pada musim lalu di Liga Vietnam. Keberhasilan Thanh Hoa lolos ke AFC Cup karena Quang Nam, sebagai jawara Vietnam tak lolos verifikasi lisensi klub.

Song Lam Nghe An

Song Lam Nghe An merupakan wakil dari Vietnam. Mereka berhak ke AFC Cup karena sukses menjuarai Piala Vietnam 2017. Ini adalah keikutsertaan mereka yang ketiga kalinya. Terakhir kali tampil di Asia pada 2012 lalu.

Johor Darul Ta’zim

Klub ini merupakan salah satu lawan terberat Persija. JDT merupakan juara Malaysia Super League. Mereka berhak tampil di AFC Cup untuk kelima kalinya. Patut diingat, mereka pernah juara ajang ini pada 2015 lalu.

Shan United

Shan United merupakan wakil dari Myanmar. Mereka sukses ke AFC Cup 2018 setelah menjadi juara Myanmar League. Ini adalah keikutsertaan pertama mereka di ajang Asia.

Yangon United

Yangon United berhak atas tiket AFC Cup 2018 dengan status runner up Myanmar League. Ini adalah keikutsertaan kelima mereka. Terakhir kali, mereka tampil pada 2016 lalu.

Tampines Rovers

Persija kemungkinan akan menghadapi runner up Liga Singapura ini. Tampines Robers sukses ke pentas Asia setelah sang juara Liga Singapura, Albirex Nigata tak punya lisensi klub Asia.

Home United

Home United berhak lolos ke Asia usai berada di peringkat ketiga Liga Singapura. Ini adalah keikutsertaan ke-9 mereka di AFC Cup.

Dua Wakil Filipina

Filipina akan diwakili dua klub berstatus juara liga dan runner up. Namun, saat ini belum ada yang keluar jadi jawara karena liga memasuki semifinal. Klub-klub yang berpeluang adalah Meralco Manila, Global Cebu, Ceres Negros, dan Kaya FC-Makati.

Pemenang Playoff

Nantinya akan diambil salah satu di antara juara Liga Laos, Lao Toyota vs Boeung Ket Angkor, sang juara liga Kamboja. Keduanya akan tampil dalam babak playoff.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *