Preview Chelsea vs Manchester United: Ambisi Setan Merah Rusak Rekor The Blues

Dua tim besar akan adu kekuatan di pekan ke11 Liga Primer Inggris. Sang juara bertahan Chelsea harus menghadapi Manchester United di Stamford Bridge Stadium, Minggu (5/11/2017) malam WIB.

Jelang pertandingan, kedua tim samasama mengantongi modal yang bagus. Meski baru saja dikalahkan AS Roma pada tengah pekan lalu, Chelsea nyatanya punya sejarah menawan saat bentrok dengan Setan Merah.

Dalam 15 pertemuan terakhir, Chelsea lebih sering menang ketimbang MU. Dari kesempatannya itu, The Blues tujuh kali unggul atas lawannya. Sementara MU hanya memenangkan dua pertandingan dan enam lainnya berakhir dengan skor imbang.

Namun catatan itu memiliki nilai plus minus buat tuan rumah. Di satu sisi, Chelsea punya modal kepercayaan diri saat menjamu tim asuhan Jose Mourinho. Namun di sisi lainnya, catatan tersebut bisa menjadi patokan motivasi bagi MU untuk merebut kemenangan dan mematahkan kutukan di Stamford Bridge Stadium.

Terakhir kali MU menang di markas Chelsea terjadi pada 28 Oktober 2012 lalu. Ketika itu MU yang masih ditangani Sir Alex Ferguseon menang 32 berkat gol Robin Van Persie, Javier Hernandez dan bunuh diri David Luiz. Sementara gol tuan rumah dicetak Ramires serta Juan Mata.

Uniknya, Mata kini bermain untuk MU. Besar kemungkinan ia bakal mengisi starting XI bersama mantan pemain Chelsea lainnya yakni Nemanja Matic dan Romelu Lukaku.

Mourinho sendiri pernah menangani Chelsea pada 20042007 dan 20132015. Namun fakta tersebut nampaknya tidak akan berdampak apapun. Sebab Chelsea di bawah bimbingan Antonio Conte sudah mengganti banyak pemainnya. Hanya Thibaut Courtois, David Luiz, Gary Cahill, Cesar Azpilicueta, Cesc Fabregas, Willian, Eden Hazard, dan Pedro Rodriguez yang tercatat sebagai sisasisa pemain peninggalan Mourinho di kubu The Roman Emperor.

Di sisi lain, modal MU untuk membungkam tuan rumah dinilai cukup bagus. Sebab mereka selalu menang dalam tiga laga terakhir dan salah satunya didapat saat bentrok dengan Tottenham Hotspur.

Jika menang lagi, MU bakal mempertahankan posisi dua klasemen. Mereka belum dapat mengejar poin Manchester City sebab ada kesenjangan sebanyak lima angka.

Saat ini MU duduk di peringkat dua dengan raihan 23 poin. Jika kalah, mereka terancam ditempel Tottenham Hotspur yang sudah memiliki 20 poin.