Arsenal Kalah, Wenger Kritik Kinerja Wasit

Arsenal meraih hasil buruk di matchday ke11 Liga Primer Inggris. Tampil di markas Manchester City, Minggu (5/11/2017) malam WIB, Arsenal dipaksa menyerah 13.

Gawang Arsenal kawalan Petr Cech dijebol Kevin De Bruyne, Sergio Aguero dan Gabriel Jesus. Sementara satu gol hiburan Meriam London dibuat Alexandre Lacazette. (Baca juga: Manchester City Menang Lagi, Arsenal Jadi Korban)

Usai pertandingan, Arsene Wenger tetap memuji penampilan anak didiknya. Pelatih Arsenal itu justru menjadikan wasit sebagai biang kekalahan di laga kali ini.

“Ini laga yang berkualitas. Manchester City memang berada di posisi tertinggi, namun kami memiliki banyak situasi dan sejumlah peluang berbahaya. Kami sudah bermain bagus melawan tim yang mengandalkan kecepatan tinggi dan berbahaya saat serangan balik. Kami sudah berjuang selama 90 menit,” ungkap Wenger yang dikutip dari Sky Sports.

“Kami sudah terbiasa saat main di sini. Tahun lalu mereka (Manchester City) mencetak dua gol yang seharusnya offside dan hal itu terjadi sekali lagi. Menurut saya, wasit tidak bekerja dengan benar. Level mereka turun di setiap musim. Secara keseluruhan, hasil laga ini sulit diterima,” tambahnya.

Michael Oliver yang bertugas sebagai wasit dinilai mengeluarkan sejumlah keputusan kontroversial. Pada menit 49 ia memberi hadiah penalti untuk tuan rumah. Padahal jatuhnya Raheem Sterling di dalam kotak penalti Arsenal terus diperdepatkan sebagai aksi yang dilebihlebihkan.

Selain itu wasit juga mengesahkan gol Gabriel Jesus di menit 74. Jika melihat tayangan ulang, terlihat jelas bahwa David Silva yang memberikan assist sudah lebih dulu berada dalam posisi offside. Menanggapi hal tersebut, Wenger terangterangan menyindir kinerja sang pengadil.

“Ketahanan fisik mereka memang bagus, namun tidak dengan keputusannya. Dalam posisi 21, kami berada dalam kendali permainan. Tapi wasit memberikan gol yang seharusnya offside dan tentu saja keputusan itu membunuh kami semua,” ungkapnya.