Piala Dunia 2018: Brasil, Jerman Jalan Lapang, Inggris vs Belgia

Hasil undian pembagian grup Piala Dunia 2018 yang berlangsung pada Jumat malam WIB (1/12/2017) di Moskwa, Rusia, membuka jalan lapang bagi tim-tim unggulan untuk melangkah mudah ke fase knock out (16 besar).

Dalam perhelatan yang dijadwalkan berlangsung 14 Juni hingga 15 Juli tahun depan, tuan rumah Rusia hanya memiliki saingan Uruguay di Grup A. Dua tim lainnya, Arab Saudi dan Mesir, hanya berstatus kuda hitam dan masuk kategori sulit untuk finis di posisi kedua untuk melaju ke 16 besar.

Di Grup B, tim unggulan Portugal bersaing untuk menjadi juara grup dengan Spanyol. Namun, dua kontestan lainnya, Maroko dan Iran, jelas bukan saingan Portugal dan Spanyol.

Prancis di Grup C harus beradu dengan Denmark untuk finis di posisi teratas, sedangkan dua saingan lainnya, Australia dan Peru, hanyalah tim-tim yang melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 lewat play-off antarbenua alias dua tim terakhir yang lolos ke Rusia dan tertatih-tatih di sepanjang kualifikasi.

Lionel Messi dan kawan-kawan di Grup D bersama skuat Argentina layak disebut sebagai tim yang mendapatkan lawan-lawan paling berat. Kroasia, Nigeria, dan Islandia punya catatan sejarah selalu menyulitkan siapa pun lawan mereka.

Bagaimana pun, satu tempat untuk Argentina merupakan hal yang wajar, paling tidak sebagai runner-up grup. Kroasia dan Nigeria berebut menjadi pendampingnya ke 16 besar.

Di Grup E, juara lima kali Piala Dunia Brasil agaknya tak bakal tertahankan oleh tiga kontestan lain dan di atas kertas akan tampil sebagai juara grup.

Sementara Jerman layak diperkirakan merajai Grup F, sedangkan Meksiko dan Swedia berebut posisi runner up.

Di Grup G, Belgia dan Inggris paling pantas melaju ke 16 besar. Keduanya praktis tinggal berebut posisi juara grup, sedangkan Panama dan Tunisia boleh meratapi nasibhnya tergabung di grup yang sama dengan dua kekuatan Eropa tersebut.

Adapun di Grup H, Polandia tampaknya akan melaju dengan mudah berkat ketajaman bomber Bayern Munchen Robert Lewandowski, sedangkan Senegal akan Kolombia berebut mendampingi Polandia.

Berikut pembagian grup Piala Dunia 2018:

Grup A: Rusia, Arab Saudi, Mesir, Uruguay.

Grup B: Portugal, Spanyol, Maroko, Iran.

Grup C: Prancis, Australia, Peru, Denmark.

Grup D: Argentina, Islandia, Kroasia, Nigeria.

Grup E: Brasil, Swiss, Kosta Rika, Serbia.

Grup F: Jerman, Meksiko, Swedia, Korea Selatan.

Grup G: Belgia, Panama, Tunisia, Inggris.

Grup H: Polandia, Senegal, Kolombia, Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *