Barca Hantam Murcia, Ini Komentar Varverde

Barcelona sukses memetik kemenangan dengan angka telak 5-0 atas tamunya Real Maurcia dalam leg kedua babak 32 besar Piala Raja (Copa del Rey), Rabu (29/11) atau Kamis dini hari WIB. Sukses ini membawa Blaugrana melaju ke babak 16 besar dengan kemenangan agregat 8-0.

Gol-gol kemenangan Barca dicetak masing-masing oleh Paco Alcacer pada menit ke-16, Gerard Pique (56), Aleix Vidal (59), Danis Suarez (73), dan Jose Arnaiz (78).

Seusai laga, pelatih Barca, Ernesto Valverde, sempat ditanya soal performa pemain sayap Gerard Deulofeu yang kembali tampil tak memuaskan. Namun pelatih yang menggantikan Luis Enrique itu mengaku tak khawatir atas penampilan buruk mantan pemain Everton ini.

Valverde menurunkan banyak pemain lapis kedua sebagai starter termasuk skuat muda dalam laga di Stadion Camp Nou ini. Deulofeu bertugas sebagai sayap kiri.

Deulofeu memang terlihat berkali-kali mengancam lewat tusukannya dari sisi kiri. Namun saat sudah di depan gawang dia gagal memanfaatkan peluang. Performa mengecewakan ini membuat beberapa bagian di tribune Cam Nou melontarkan ejekan.

Pemain berusia 23 tahun ini gagal tampil mengesankan sejak kembali dari masa pinjaman di Everton. Padahal cederanya Ousmane Dembele membuatnya mendapat kesempatan untuk tampil.

Namun demikian Valverde mengaku tak mengkhawatirkan masalah ini. Dia menyatakan senang atas usaha yang sudah dilakukan Deulofeu.

“Dia sudah berusaha sejak menit pertama,” ujar Valverde. “Memang benar pada akhir laga dia terlihat gelisah karena dia ingin mencetak gol. Terkadang saat Anda berusaha terlalu kelas kondisi justru kian rumit,” tambah mantan pelatih Athletic Bilbao ini.

“Namun selain itu, upaya yang dilakukannya adalah hal yang positif. Saya tak khawatir. Dia baik-baik saja. Dia tak mengalami masalah fisik, dia tak sakit. Dia dalam kondisi bagus,” paparnya.

Valverde memberi kesempatan kepada gelandang berusia 18 tahun, Oriol Busquets, tampil sebagai starter. Dia juga memasukkan David Costas menggantikan Gerard Pique.

“Mereka bermain sangat bagus,” kata Valverde soal performa para pemain pelapisnya ini. “David memang saya rencanakan untuk turun khususnya karena Pique ingin saya memainkannya selama 50 menit,” imbuhnya.

“Sementara Oriol, dia pemain yang saya pikir bisa menolong kami. Dia masih sangat muda namun menurut saya sudah bermain sangat baik,” papar Valverde lagi.

“Saya menariknya karena saya tak mau ada empat pemain (Barcelona) B di lapangan. (Carles) Alena juga bermain bagus dan (Jose) Arnaiz kembali mencetak gol. Saya sangat senang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *