3 Skenario Liverpool Tanpa Sadio Mane

Bukan tugas yang mudah bagi Liverpool untuk mencari pengganti Sadio Mane pada laga krusial melawan Manchester United di Stadion Anfield, Sabtu (14/10/2017) malam WIB. Lantas apa yang akan dilakukan Juergen Klopp untuk mengimplementasikan strategi di lapangan pertandingan sebagai serangkaian skenario permainan?

Mane absen membela Liverpool selama enam pekan lantaran mengalami cedera saat membela Senegal dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018. Ketidakhadiran mesin gol jelas pukulan telak buat The Reds, sebab sejauh ini dia telah mencetak 3 gol dan dalam lima pertandingan di Liga Inggris musim 2017/2018.

Inilah yang membuat Klopp pusing untuk mencari pengganti yang tepat dengan karakter Mane. Karena pemain yang satu ini memiliki kecepatan yang bagus dalam mengolah si kulit bundar. Dia juga memiliki kemampuan untuk menentukan di sepertiga terakhir pertahanan lawan.

Berikut 3 Skenario Liverpool Tanpa Sadio Mane

1. Mainkan Philippe Coutinho
Pilihan pertama dan paling jelas bagi Liverpool adalah menempatkan kembali posisi Philippe Coutinho di barisan depan. Berarti, formasi 433 bisa dimainkan pada pertandingan ini.

Klopp tinggal menentukan posisi Coutinho saja. Tapi pelatih asal Jerman tersebut tak perlu merasa khawatir mengingat pemain Brasil itu punya kemampuan yang bagus baik sebagai penyerang maupun playmaker.

Kemungkinan di pertandingan ini Klopp bakal menempatkan Coutinho sebagai winger. Kecepatannya menggiring bola dan melewati lawan bisa menjadi senjata mematikan buat The Reds. Dia bisa dikolaborasikan dengan Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

2. Solanke Bisa Jadi Pembeda
Dominic Solanke kemungkinan bisa menjadi pembeda di pertandingan ini. Pasalnya, tidak banyak yang mengetahui permainan penyerang asal Inggris tersebut. Pemain bernomor punggung 29 itu seringkali terlihat sebagai penghangat bangku cadangan dan ia baru bermain selama 70 menit saja.

Solanke bisa ditempatkan sebagai striker tunggal di pertandingan ini. Sementara Roberto Firmino dan Mohamed Salah bisa menjelajahi sisi pertahanan United.

3. Pola Formasi Lama
Liverpool bisa dengan mudah mengubah formasi dari 433 ke 4411. Dengan formasi itu Klopp bisa memanfaatkan gelandang untuk menahan ritme permainan lawan di pertandingan ini.

Formasi 4411 bisa dikatakan dapat mempertahankan ancaman dari lawan, namun di sisi lain mereka bisa memaksimalkan kebebasan pemain untuk bergerak. Yang menjadi kunci adalah penempatan Coutinho sebagai playmaker.

Sistem ini bisa berfungsi dengan baik. Karena pemain bisa menjaga pertahanan dan melakukan serangan dengan leluasa dan tidak terbebani oleh pertahanan.