Perang Mulut Dua Pelatih: Pep Guardiola vs Maurico Pochettino

Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino dibuat kesal dengan ucapan Josep Guardiola. Saat jumpa pers jelang pertandingan Manchester City versus Stoke City, Sabtu (14/10/2017), Guardiola menyinggung Tottenham dengan menyebutnya sebagai Harry Kane Team.

Ungkapan yang ia utarakan bukannya tanpa sebab. Musim lalu Tottenham sangat tertolong dengan keahlian Kane dalam mencetak gol. Begitupun di musim ini, dimana sang pemain sudah mencetak 11 gol dari sembilan pertandingan resmi.

Namun hal itu tidak mendapat respon positif dari Pochettino. Dirinya kecewa dengan yang diucapkan oleh pelatih bekepala plontos tersebut.

“Saya kenal dia dengan sangat baik. Tapi kadang dia kesulitan menjadi orang benar. Meski tak mempengaruhi saya, komentarnya itu seolah tidak menghormati tim kami,” ungkap Pochettino yang dikutip dari Soccerway.

Tak berselang lama Guardiola menanggapi celotehan Pochettino. Ia mengaku tak bermaksud menyindir Tottenham dan menilai Pochettino telah salah paham.

“Dalam pekerjaan, saya selalu menghormati kolega saya. Saat saya menyebut Harry Kane Team, itu karena dia banyak mencetak gol dan saya tahu Tottenham bukan Harry Kane seorang. Mungkin semua orang tahu kalau di musim lalu sayalah yang paling sering berbicara dan menghargai permainan mereka,” ucap Guardiola.

“Ya, saya sedikit kecewa disebut seperti itu olehnya. Tapi yang pasti saya selalu menaruh hormat pada kolega. Saya menghargai banyak hal yang sudah dilakukan Tottenham dalam dua atau tiga tahun terakhir. Mereka layak dipuji karena telah menunjukkan karakter sepak bola Liga Inggris. Bahkan musim lalu mereka finis lebih baik dari kami. Jadi saya pikir Mauricio telah melakukan kesalahan karena spanjang karier, saya tak pernah melakukan itu (tidak menghormati tim lain),” jelasnya pada Sky Sports.

Situasi ini tentunya semakin memanaskan persaingan City dan Tottenham di papan atas klasemen. Untuk sementara City sudah memiliki 19 poin dan ada di posisi puncak. Sedangkan Tottenham meneror dari peringkat tiga dengan kepemilikan 14 poin.