Tanda-tanda Menyerah? Conte Akui Sulit Pertahankan Gelar Liga Inggris

Pelatih Chelsea Antonio Conte mengakui bahwa mempertahankan gelar Liga Primer Inggris lebih berat ketimbang Serie A Italia. Hal itu terkait perbedaan kebijakan transfer klubklub terkemuka di Inggris dan Italia.

Chelsea tercecer ke peringkat 4 klasemen Liga Primer 2017/2017 setelah dikalahkan Manchester City 01 pada pekan ketujuh di Stamford Bridge, Sabtu (30/9/2017). The Blues meraup 13 poin, tertinggal enam angka dari City dan Manchester yang bertengger di papan atas klasemen, masingmasing dengan 19 poin.

The Blues digusur Tottenham Hotspur yang bertengger di peringkat 3 setelah memetik kemenangan keempatnya musim ini dengan melumat Huddersfield Town 40 di John Smiths Stadium. (Baca juga: Conte: Chelsea Kalah dari Manchester City karena Lelah).

“Saya menyaksikan komitmen tim setiap hari, tapi untuk memastikan mempertahankan gelar juara sangat sulit. Sangat sulit bagi setiap tim di liga Inggris untuk mempertahankan gelar. Sangat sulit memenangkan dua gelar berturutturut,” kata Conte.

Conte meraih gelar kedua dari tiga gelar berturutturut Serie A bersama Juventus pada 2013 setelah rival beratnya, AC Milan, menjual striker Zlatan Ibrahimovic, Alexandre Pato, dan bek Thiago Silva. Sedangkan Napoli melepas pemain sayap Ezequiel Lavezzi di jendela transfer sebelumnya.

Setelah Chelsea memenangkan Liga Primer musim lalu, saingan utama The Blues, yakni Tottenham, Manchester City, Manchester United, Liverpool dan Arsenal, melakukan investasi signifikan di skuat mereka.

“Kami memenangkan gelar bersama Juventus dan saya berharap dapat tantangan yang sangat kuat dari AC Milan, namun mereka menjual Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva ke Paris Saint Germain, jadi mereka menjadi lemah. Tidak mudah meraih gelar kedua kalinya, tapi karena itu menjadi lebih mudah untuk kembali juara.”

“Di sini (Liga Inggris), jika membandingkan musim lalu dengan musim ini, Anda bisa melihat timtim besar sudah semakin besar. Dan sekarang setelah saya berpikir pasar transfer yang bagus, mereka justru meningkat pesat. Tidak mudah bermain di liga ini.”

“Musim lalu kepuasan besar bagi kami karena tahun sebelum kami finis ke10 dan kemudian kami meraih gelar juara dan mencapai final Piala FA musim lalu. Musim ini kami harus berusaha melakukan yang terbaik dan memiliki kepuasan yang besar. Tidak akan mudah, tapi musim lalu juga tidak mudah.”