Kenapa Martial dan Rashford Jarang Main Bareng Sejak Menit Awal?

Anthony Martial dan Marcus Rashford jarang main bareng sejak menit awal untuk Manchester United. Kenapa? Ini penjalasan Jose Mourinho.

Momen teranyar keduanya samasama masuk starting XI adalah ketika MU menang 41 ketika menjamu Newcastle United, Minggu (19/11/2017) dini hari WIB. Baru 12 kali Martial dan Rashford main bersama sejak awal untuk MU.

Untuk memfasilitasi, mengingat mereka biasa dipasang bergantian, Mourinho awalnya menempatkan Rashford di sisi kanan sementara Martial di sektor kiri, dengan Juan Mata berada di tengah. Ketiganya menopang Romelu Lukaku sebagai ujung tombak.

Akan tetapi, Mourinho kemudian harus mengubah skema serangan usai Rashford kesulitan di sisi kanan. Akhirnya ia dipindah ke kiri, dengan Martial digeser ke tengah, sedangkan sektor kanan depan jadi ditempati oleh Mata.

Pada akhirnya, statistik mencatat bahwa Martial mencetak gol pertama MU di laga itu. Sementara Rashford membuat assist untuk gol ketiga The Red Devils yang dibuat oleh Paul Pogba.

Menurut Mourinho, menurunkan Rashford dan Martial secara bersamaan seperti itu memang tidak mudah karena membutuhkan utakatik taktik tersendiri. Mourinho menyebut keduanya lebih gemar bermain di sisi kiri.

Modifikasi yang ia lakukan di tengah pertandingan lawan Newcastle pun pada prosesnya memang membuat daya serang The Red Devils membaik, secara khusus di sektor kiri. Tapi itu juga mengurangi daya rekat dengan lini tengah.

“Jadi memainkan keduanya bersamaan memberikan kami sesuatu, tapi juga mengurangi sesuatu dari kami,” ucap Mourinho seperti dilansir Manchester Evening News, mengindikasikan dilema yang ia hadapi jika harus memainkan Rashford dan Martial secara bersamaan sejak menit awal.