Meski Manchester United Kalahkan Newcastle 4-1, Mourinho: Kami Tidak Seimbang

Pelatih Manchester United, Jose Mourimho, menilai timnya tidak bermain seimbang saat mengalahkan Newcastle United 41 di pekan 12 Liga Inggris 20172018, Minggu 19 November 2017 dini hari WIB. Mou sapaan akrab Mourinho menyebut timnya tidak bermain seimbang karena serangan lebih banyak terbangun dari sisi kiri.

Dalam pola 4231, Mou sapaan akrab Mourinho memainkan Anthony Martial sebagai winger kiri dan Marcus Rashford di sisi sebelahnya. Namun pada praktiknya, Rashford lebih sering beroperasi sebagai winger kiri.

Hal itu berarti membuat Rashford dan Martial berbenturan posisi. Berbenturan posisi itu pun terlihat dalam heat maps yang dihimpun oleh laman statistik, whoscored. Jelas hal itu menjadi perhatian besar bagi Mourinho.

Jika di lagalaga selanjutnya Rashford dan Martial terus berbenturan posisi, hal itu akan memudahkan pemain lawan untuk mematikan serangan Man United. Karena itu, Mou harus segera mencari solusinya. Apalagi di Liga Inggris 20172018, Man United yang kini menduduki posisi dua dengan koleksi 26 angka, terpaut delapan poin dari Manchester City di puncak klasemen.

Rashford dan Martial berada di posisi yang sama itu dan sangat menyulitkan. Keduanya lebih senang bermain di kiri ketimbang di kanan. Jelas hal itu membuat kami kehilangan gelandang yang biasanya kami miliki, kata Mourinho mengutip dari Sportsmole, Senin (20/11/2017).

Kami mencoba mencari keseimbangan. Ketika mereka (Rashford dan Martial) membuka serangan di kiri, salah satu dari mereka ada yang mendekat ke penyerang, tutup Mourinho.