Penampakan Terbaru Stadion Canggih ala White Hart Lane

T ottenham Hotspur saat ini tengah melakukan renovasi total terhadap stadion kebanggaannya, White Hart Lane. Untuk sementara, pasukan The Lilywhites bermarkas di Stadion Wembley hingga renovasi selesai.

White Hart Lane ditarget kembali digunakan pada musim liga 2018/2019. Meski masih cukup lama, hasil renovasi stadion yang berada di utara London itu mulai bisa dilihat. Tottenham telah merilis sejumlah foto renovasi White Hart Lane yang menelan biaya hingga 800 juta pounsterling atau setara Rp13,9 triliun.

Foto udara terbaru menunjukkan kemajuan pesat dalam proses pembangunan stadion baru Tottenham. Foto itu memperlihatkan struktur bangunan stadion telah mencapai 50%. White Hard Lane baru nantinya akan mampu menampung sebanyak 61.559 penonton.

Markas Tottenham ini akan sangat megah dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang inovatif. Termasuk tunnel club yang dimiliki oleh Manchester City.

Penonton juga dapat menikmati kursi yang bisa disetel temperaturnya dan dilengkapi dengan port USB. Tentu saja mereka akan mendapatkan bir kecil dan roti khas Tottenham.

Itu belum seberapa. White Hart Lane juga akan memiliki lapangan yang bisa ditarik dan disesuaikan dengan kebutuhan. Sebab, selain sepak bola, stadion ini juga akan memainkan dua pertandingan NFL (American Futbol) pada musim 2018/2019. Desainnya telah diujicobakan, lapangan buatan NFL akan berada di bawah mangkuk stadion. Lapangan ini juga bisa digunakan untuk konser musik karena melindungi permukaan rumput asli.

Sebenarnya gulungan lapangan tersusun dalam tiga bagian dengan berat lebih dari 3.000 ton. Pergantian antarbagian hanya membutuhkan waktu 25 detik. Canggih kan.