SIAPA PEMILIK STATISTIK TERBAIK LIGA PRIMER INGGRIS 2017/18 SEJAUH INI?

Klub mana saja yang menorehkan statistik terunggul di Liga Primer Inggris musim 2017/18 sejauh ini?

Baru dua bulan berjalan, Liga Primer Inggris 2017/18 telah menyajikan persaingan ketat. Indikasi awal memperlihatkan rivalitas sengit antara dua klub sekota, Manchester City dan Manchester United.

Keduanya sama-sama mengoleksi 19 angka dari tujuh kali bertanding, dengan City berhak menempati urutan teratas karena mengantongi selisih gol lebih baik dari sang tetangga. Selain perolehan poin dan selisih gol, apakah laskar Pep Guardiola juga nomor satu dalam statistik lainnya? Atau ada kubu yang lebih superior?

Simak lima pemilik statistik terbaik di EPL 2017/18 sejauh ini!

OPERAN SUKSES

Manchester City Crystal Palace

Man City sudah lama dikenal sebagai penganut possession football , tapi gaya ini kian kental di bawah komando Pep Guardiola. Tidak mengherankan kalau mereka juga menjadi tim dengan jumlah operan sukses terbanyak. Melepaskan 4676 pass , The Eastlands unggul atas Arsenal pimpinan Arsene Wenger (4317). Sementara, Tottenham Hotspur (4049) menempati peringkat ketiga dalam kategori ini, diikuti Liverpool (3843) dan Manchester United melengkapi top fivedengan 3730 umpan sukses.

TEKEL

Aaron Mooy Huddersfield Newcastle

Selain terglamor, Liga Primer kesohor pula sebagai kompetisi paling keras. Tekel banyak berhamburan dalam setiap pertandingan, dan untuk urusan ini klub promosi Huddersfield Town menorehkan catatan tertinggi. Dari 226 upaya, The Terriers melakukan 154 tekel sukses. Tekel juga rupanya menjadi hal penting dalam strategi jawara bertahan Chelsea. Anak buah Antonio Conte menempati peringkat kedua dengan 133 tekel sukses, tertinggi di antara penghuni lima besar klasemen sementara. Tim juru kunci Crystal Palace mengekor di belakang Chelsea dengan 124, unggul satu atas West Ham United dan Stoke City yang sama-sama berhasil melancarkan 123 tekel sukses.

PENYELAMATAN

Fabianski

Beralih ke penyelamatan, giliran Swansea City tampil sebagai raja, dengan kiper Lukasz Fabianski mementahkan 29 tembakan ke gawangnya. Palace berada di dasar tabel dengan rekor kebobolan terburuk 17 gol saat ini, namun kiper Wayne Hennessey telah berbuat maksimal. Ini terlihat dari 28 save yang telah dilakukannya sejauh ini. Berdiri di urutan ketiga adalah Leicester City, di mana Kasper Schmeichel menampilkan 26 penyelamatan. Sementara itu, dua kiper Burnley Tom Heaton dan Nick Pope secara kolektif mencatatkan 25 save , dan Southampton menduduki posisi kelima dalam statistik ini dengan total 23 penyelamatan.

DRIBEL

Joel Ward Andros Townsend Crystal Palace

Muncul anomali di sini karena tim juru kunci Crystal Palace ternyata paling jago gocek di kasta teratas Inggris. Meski selalu kalah dalam tujuh pekan awal liga, para pemain Palace justru mahir mengelabui lawan, dengan 93 dribel sukses dari 120 percobaan. Di belakang Palace ada Man United yang melakukan 89 dribel sukses dari 144 upaya. Setelahnya, Liverpool menjadi tim terbaik ketiga untuk urusan menggiring bola (80 dribel sukses), dibuntuti duo London Arsenal (78) serta Chelsea (74).

TEMBAKAN AKURAT

Manchester City Crystal Palace

Tidak salah Man City menjadi tim terproduktif sejauh ini, karena mereka juga paling banyak melepaskan tendangan akurat ke gawang musuh. 53 shot on target Citizens menghasilkan 22 gol yang berperan penting melesatkan mereka ke puncak klasemen. Sementara, minimnya konversi peluang tampak sangat merugikan Liverpool. Skuat Jurgen Klopp melepaskan 48 tembakan akurat, tapi hanya mencetak 13 gol. Manchester United bercokol di peringkat ketiga dalam statistik ini dengan 44 tendangan tepat sasaran, dan dua tetangga, Arsenal (44) serta Tottenham Hotspur (43), beriringan ketat di posisi keempat dan kelima.