Arsene Wenger Salah, Rayakan Kemenangan Pemilihan George Weah di Liberia

Manajer Arsenal Arsene Wenger tampaknya  ditipu oleh laporan palsu tentang mantan bintang sepakbola George Weah  memenangkan pemilihan Presiden Liberia, padahal hasil akhirnya belum diumumkan.

Wenger mengatakan: “Saya ingin mengucapkan selamat kepada salah satu mantan pemain saya, yang menjadi Presiden Liberia.”

Dia melatih Weah di klub Prancis Monaco pada 1990-an. Weah termasuk di antara 20 kandidat presiden dalam pemilihan hari Selasa.

Mantan Pemain Terbaik FIFA Dunia ini gagal dalam dua usaha sebelumnya, tetapi  merupakan salah satu kandidat terdepan untuk menggantikan Presiden Ellen Johnson Sirleaf.

Namun, sebagian besar analis memperkirakan akan lolos ke putaran kedua, karena kandidat membutuhkan lebih dari 50% suara untuk meraih kemenangan.

Laporan palsu tentang kemenangan  tentang  Weah  beredar di media sosial, tetapi  tidak jelas mengapa Wenger mengira telah menang.

“Tidak jarang Anda memiliki mantan pemain yang menjadi presiden sebuah negara,” kata Wenger.

“George  baik dan saya akan mengatakan hanya agar dia tetap antusiasme dan keinginannya untuk belajar dan menang,” tambahnya.

Hasil resmi masih belum diumumkan meski ketua Komisi Pemilihan Umum (NEC), Jerome Kokoya,  mengatakan kepada BBC  dia memperkirakan hasil pertama akan diumumkan pada pukul 23:00 GMT pada malam pemilihan.

Salah satu partai politik terkemuka Liberia, Partai Liberty,  menyerukan penghentian dalam mengumumkan hasil, dengan alasan dugaan penyimpangan.  ‘Saya pikir dia telah menerima telepon dari Weah.”

Stanley Kwenda, BBC di Afrika:  Pada konferensi pers manajer Arsenal Arsene Wenger, saya bertanya kepadanya apakah dia terkejut  mantan pemainnya, Kolo Toure,  melakukan transisi menjadi  asisten pelatih untuk tim Skotlandia, Celtic dan tim nasional Pantai Gading.

Dalam tanggapannya, Mr Wenger memilih  mengucapkan selamat kepada mantan pemain sebelumnya, George Weah “menjadi presiden baru Liberia”.

Sejenak kupikir dia menerima telepon dari Weah yang mengonfirmasikan hasil pemilihan presiden hari Selasa.

“Saya tahu hasil resmi belum keluar tapi saya pikir Wenger mungkin memiliki kecerdasan yang lebih baik dari saya. Matanya berkilau, dan dia berbicara dengan penuh kegembiraan dan rasa selamat yang tulus.”

Wenger dan Weah berbagi hubungan yang sangat spesial dan saya tidak akan terkejut jika manajer Arsenal pergi ke Liberia untuk pelantikan Weah – jika dia menang.