Warga Belanda Sudah Yakin Timnas Mereka Gagal ke Piala Dunia 6 Bulan Sebelumnya

Penyerang Bali United, Sylvano Comvalius, mengaku sedih atas kegagalan tim nasional negaranya, Belanda, lolos ke Piala Dunia 2018.

“Namun, semua orang di Belanda sudah mengetahui dalam enam bulan terakhir bahwa mereka (timnas) akan sulit untuk lolos,” kata Comvalius kepada BolaSport.com, Rabu (11/10/2017).

Belanda tak bisa meraih tiket ke Rusia sekalipun menang 2-0 atas Swedia di Amsterdam Arena, Selasa (10/10/2017) atau Rabu dini hari WIB.

Dua gol kemenangan De Oranje pada laga tersebut dilesakkan Arjen Robben melalui penalti pada menit ke-16 dan tendangan jarak jauh pada menit ke-40.

Kemenangan ini memang membuat Belanda menyamai raihan poin Swedia, 19 angka. Namun, Robben dkk hanya surplus 9 gol berbanding 17 milik Swedia.

Posisi puncak Grup A diisi oleh Perancis yang pada laga pamungkas menang 2-1 atas Belarus dengan 23 poin. Mereka pun lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Terlepas dari itu, Comvalius tetap memberikan apresiasi tinggi terhadap perjuangan Dick Advocaat pada babak kualifikasi.

“Mereka telah berjuang sampai akhir dan mereka bisa bangga dengan itu. Saya berharap Belanda bisa kembali kuat pada tahun depan,” ujar pemain yang pencetak gol terbanyak sementara Liga 1 itu.

Bagi Belanda, inilah kegagalan kedua beruntun tampil di turnamen antar-negara. Sebelumnya, mereka juga absen di Piala Eropa 2016.