Chile Gagal ke Piala Dunia 2018, Vidal Bersiap Mundur

Bintang Timnas Chile Arturo Vidal mengisyaratkan segera meninggalkan timnas setelah gagal lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia.

Gelandang serang yang sehari-hari merumput bersama juara Bundesliga Jerman Bayern Munchen itu menuliskan pernyataan emosional di akun medsosnya dengan menyatakan “terima kasih atas semuanya”.

Chile, juara Copa America 2015 dan 2016, langsung terlempar dari peringkat ketiga ke peringkat keenam akibat kekalahan dengan skor 0-3 dari Brasil pada matchday terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Nilai Chile dan Peru sama-sama 26, tetapi selisih gol Peru +1, sedangkan Chile -1. Peru finis di peringkat kelima yang berarti masuk jalur play-off kontra juara kualifikasi zona Oseania Selandia Baru, sedangkan Chile tersingkir.

Kegagalan Chile itu juga telah memakan korban yakni pelatih Juan Antonio Pizzi yang menolak pembahasan kontrak baru dengan federasi sepak bola negara tersebut setelah anak asuhnya gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

“Terima kasih teman semua, untuk semuanya, untuk bersama-sama selama bertahun-tahun, untuk mengajarkan saya dan menunjukkan bahwa ini adalah negara dengan usaha yang keras dan melangkah dengan cara apa pun yang dimungkinkan,” demikian pernyataan Vidal.

Dia pun membuka kartu bahwa sebenarnya dia sudah merasakan keinginan untuk mundur ketika Chile dikalahkan Bolivia—salah satu tim terlemah di Amerika Selatan sepanjang sejarah selain Venezuela—dengan skor 0-1 pada pekan ke-16 babak kualifikasi yang berlangsung di La Paz pada awal bulan lalu.

Chile masuk putaran final Piala Dunia sebanyak sembilan kali, yang pertama pada edisi perdana Piala Dunia pada 1930. Prestasi terbaiknya ialah peringkat ketiga yang diraih pada 1962 ketika menjadi tuan rumah perhelatan olahraga paling akbar tersebut, di mana Brasil tampil sebagai juara.