LAPORAN PERTANDINGAN: EKUADOR 1-3 ARGENTINA

Hat-trick Lionel Messi memastikan Argentina lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 setelah finis sebagai peringkat tiga babak kualifikasi Zona CONMEBOL.

Seluruh masyarakat Argentina sudah sepatutnya berterima kasih kepada Lionel Messi setelah hat-trick yang ia cetak ke gawang Ekuador memastikan satu tempat Albiceleste di Piala Dunia 2018. Bintang milik Barcelona itu tidak bisa dibantah merupakan pahlawan dalam kemenangan 3-1 yang diukir pasukan Jorge Sampaoli di Estadio Olimpico Atahualpa, Rabu (11/10) pagi IWB.

Sebelum laga ini digelar, Argentina terancam tidak lolos karena terlempar dari lima besar dan itu semakin mendekati kenyataan menyusul gol cepat Romario Ibarra di menit pertama. Pemain depan Ekuador itu membuka papan skor untuk timnya memanfaatkan sundulan Roberto Ordonez dan tanpa kesulitan berarti ia sukses menjebol gawang Argentina kawalan Sergio Romero.

Setelah gol tersebut, tim tamu seperti tersengat dan mereka keluar menyerang untuk mencari gol penyama. Beruntung Argentina punya Messi, karena sang penyerang lantas menunjukkan permainan terbaiknya dan itu ditunjukkan lewat gol pertama di menit ke-12 setelah bekerja sama dengan Angel di Maria.

Delapan menit berselang Messi lantas membawa Argentina berbalik unggul. Kualitas individu Messi berbicara dalam gol kedua ini dan itu terbukti dengan caranya melewati penjagaan pemain belakang lawan sebelum melepaskan tendangan keras di dalam kotak penalti.

Ekuador yang bermain di depan pendukungnya sendiri semakin hancur di babak kedua setelah Messi menggenapi harinya dengan hat-trick. Dua menit setelah satu jam, pemain berusia 30 tahun itu kembali mengerahkan kualitas individu dengan melakukan tendangan chip yang tak bisa dijangkau kiper Maximo Banguera.

Di sisa menit yang ada, Argentina memilih bermain aman dan pada akhirnya mewujudkan tiga poin yang mengantar mereka ke Rusia tahun depan dengan status sebagai peringkat tiga Zona CONMEBOL. Sementara itu, kekalahan tidak berarti apapun bagi Ekuador yang sedari awal tidak punya peluang untuk lolos.

Susunan Pemain

Ekuador: Banguera; Velasco, Aimar, Arboleda, Ramirez; Intriago (Uchuari 77’); Ibarra, Orejuela, Cevallos (E. Valencia 41’), Ibarra; Ordonez (Estrada 64’).

Argentina: Romero; Mercado, Mascherano, Otamendi; Salvio (Fazio 90’), Biglia, Perez, Acuna; Messi, Di Maria (Paredes 84’); Benedeto (Icardi 76’).