Gol Kontroversial Panama Bikin Amerika Serikat Berduka

Drama terjadi di laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Concacaf. Gara-gara gol kontroversial Panama, Timnas Amerika Serikat berduka, gagal lolos ke Rusia.

Tiga pertandingan terakhir di zona Concacaf (Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia) digelar bareng Rabu (11/10) pagi WIB. Honduras menang 3-2 atas Meksiko. Panama kalahkan Kosta Rika 2-1 dan Trinidad & Tobago bungkam Amerika Serikat 2-1.

Kemenangan Honduras membuat mereka menempati peringkat empat klasemen akhir, yang berarti berhak melakoni play-off melawan Australia (wakil Asia). Sementara Meksiko kukuh di puncak dan sudah lebih dahulu mendapat tiket ke Rusia.

Di tempat lain, keberhasilan Panama mengatasi Kosta Rika (juga sudah lolos PD 2018), membuat mereka naik ke peringkat ketiga yang berarti lolos otomatis.

Keberhasilan Panama lolos ke Rusia ini juga lantaran Amerika Serikat kalah dari Trinidad & Tobago (lihat klasemen).

Namun pedihnya buat AS, Panama menang berkat gol penyeimbang yang kontroversial.

Setelah tertinggal lewat gol Kosta Rika yang dicetak Johan Venegas di menit ke-36, Panama dianggap mencetak gol pada menit ke-52 lewat Gabriel Torres.

Gol tersebut diperdebatkan karena bola tidak melewati garis gawang.

Wasit Walter Lopez bersikeras, itu gol. Permainan berlanjut. Panama kemudian mencetak satu gol lagi lewat Roman Torres pada menit ke-87. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai. Panama pun melewati raihan poin Amerika Serikat di klasemen.

Lolos ke Rusia 2018 ini merupakan debut Panama di Piala Dunia. Sementara buat Amerika Serikat, gagal ke Rusia memutus tradisi selalu lolos Piala Dunia sejak 1990.