Belanda Kembali Gagal Berlaga di Piala Dunia

Tim nasional (Timnas) Portugal dan Prancis berhasil lolos ke final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah mengalahkan Swiss dan Belarusia. Sementara itu nasib malang menimpa Belanda. Negeri kincir angin itu kembali gagal berlaga perhelatan sepakbola terbesar dunia itu. Ini adalah kegagalan kedua berturut-turut dari Belanda.

Belanda, yang juga gagal lolos ke Piala Eropa, memang harus bekerja kerja mengalahkan poin yang dimiliki Swedia. Mereka harus mencetak tujuh gol agar bisa berada di posisi kedua atau runner-up di belakang Prancis. Sayang mereka hanya bisa mencetak dua gol melawan Swedia.

Kedua gol itu dicetak Arjen Robben dari titik penalti setelah 16 menit pertandingan dan pemain Bayern Munich itu mencetak satu gol lagi sebelum babak pertama usai.

Kemenangan 2-0 Portugal atas Swiss, dan kemenangan Prancis 2-1 atas Belarus memupuskan harapan Belanda. Itu artinya kedua belah pihak lolos ke putaran final di Rusia pada musim panas mendatang.

Sementara itu, Yunani, juara Eropa pada tahun 2004, memastikan tiket di babak play-off setelah mengalahkan Gibraltar 4-0, dengan Konstantinos Mitroglou mencetak dua gol bersama Vassilis Torosidis dan Giannis Gianniotas.

Belgia sudah yakin akan memenangkan Grup H dan mereka juga menyelesaikan kampanye kualifikasi mereka dengan kemenangan kandang 4-0 atas Siprus.

Thorgan Hazard mencetak satu gol, menyusul dua gol dari saudaranya Eden Hazard, sebelum Romelu Lukaku juga tercatat namanya di scoresheet.