Italia Butuh Banyak Waktu Latihan

Italia berada dalam sorotan publiknya sendiri belakangan ini. Gli Azzurri dinilai tak tampil meyakinkan dalam upayanya menuju Piala Dunia 2018.

Sejak kekalahan telak 0-3 dari Spanyol di Kualifikasi Piala Dunia 2018, Italia diserang kritik. Sebab mulai saat itu skuat besutan Giampiero Ventura tak memetik hasil-hasil yang dinilai mantap.

Italia cuma menang tipis 1-0 atas Israel, lalu berimbang 1-1 dengan Makedonia, sampai kemudian menang tipis 1-0 lagi atas Albania di laga terakhir kualifikasi.

Pada prosesnya, penerapan taktik yang dilakukan Ventura diserang. Pola 4-2-4 yang terus dipoles eks pelatih Torino itu dinilai tak pas untuk Italia.

Ventura pribadi menilai kurang okenya performa Italia adalah karena waktu berlatih yang minim. Dia menegaskan butuh banyak sesi latihan untuk membiasakan para pemain dengan sistem yang dia inginkan.

“Dulu ada sekumpulan pemain dari satu klub, bahkan sembilan pemain dari satu tim. Tapi sekarang ini kami punya satu atau dua pemain saja per klub. Klub-klub ini adalah tim-tim dengan sistem taktik dan pendekatan yang benar-benar berbeda, jadi kami perlu menemukan landasan yang sama,” ungkap Ventura kepada Sky Sport Italia.

“Ini bukan soal melatih mentalitas pemain. Yang kami butuhkan adalah bekerja keras di tempat latihan, tapi setiap kali saya mengontak para pemain, saya paling banyak mendapatkan tiga sampai empat jam dengan mereka untuk berlatih.”

“Tim Italia ini jelas cukup bagus untuk Piala Dunia sekarang ini. Tapi kami masih berusaha untuk ke sana,” imbuhnya seperti dikutip Football Italia.