Islandia & Serbia Lolos ke Piala Dunia 2018

Islandia dan Serbia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia setelah dalam pekan ke-10 atau terakhir babak kualifikasi zona Eropa Selasa dini hari WIB (10/10/2017) keduanya meraup 3 poin demi meraih posisi juara grup.

Di Grup I Pra-Piala dunia 2018 zona Eropa Islandia menundukkan tamunya Kosovo dengan skor 2-0 di Stadion Laugardalsvollur di Reykjavík berkat gol Gylfi Thor Sigurdsson (40’) dan Johann Berg Gudmundsson (68’).

Berkat hasil itu Islandia memuncaki klasemen akhir Grup I dengan nilai 22, unggul dua angka dari runner up Kroasia yang pada saat bersamaan menaklukkan tuan rumah Ukraina juga 2-0 di Stadion Olimpiade di Kiev dengan gol yang diborong Andrej Kramaric pada menit 62 dan 70.

Kemenangan ini mengantar Kroasia sebagai runner up dan lolos ke babak play-off antardelapan runner terbaik dari sembilan grup untuk berebut selembar tiket ke Rusia.

Satu pertandingan Grup I yang dimainkan secara bersamaan pada Selasa dini hari ialah Finlandia menjamu Turki yang berakhir dengan skor 2-2. Namun, hasil pertandingan ini tak lagi bermakna apa pun karena keduanya telah tersisih sebelum laga dimulai.

Dengan berakhirnya seluruh pertandingan Grup I, klasemen akhir Islandia 22, Kroasia 20, Ukraina 17, Turki 15, Finlandia 9, dan Kosovo 1.

Ini untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Piala Dunia sejak perhelatan olahraga paling akbar sedunia ini dimulai pada 1930 di Uruguay.

Sebanyak 54 negara bertarung di Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa—tentu saja di luar Rusia yang sudah pasti lolos karena berstatus tuan rumah—untuk berebut 13 tiket ke putaran final tahun depan.

Ke-54 kontestan itu dibagi ke dalam sembilan grup, sehingga setiap grup berisi enam tim. Setiap juara grup lolos langsung ke Rusia, sedangkan delapan runner up terbaik akan menjalani play off dua leg untuk memperebutkan empat tiket.

Sementara itu, Serbia lolos ke putaran final sebagai juara Grup D, sedangkan Republik Irlandia lolos ke babak play-off antardelapan tim runner up terbaik dari sembilan grup. Keduanya sama-sama mencatat kemenangan tipis 1-0 dalam pekan terakhir.

Serbia menundukkan tamunya Georgia di Stadion Red Star di Beograd berkat gol Aleksandar Prijovic pada menit 74, sedangkan Republik Irlandia menang dengan skor serupa di kandang Wales di Cardiff berkat gol James McClean ketika babak kedua memasuki menit ke-12.

Satu pertandingan lagi di Grup D yang digelar bersamaan Austria menundukkan tuan rumah Moldova juga dengan skor 1-0.

Klasemen akhir Grup D, Serbia teratas dengan nilai 21, diikuti Republik Irlandia 19, sedangkan tim-tim yang tersisih ialah Wales 17, Austria 15, Georgia 5, dan Moldova 2.

Ini untuk ke-11 kalinya Serbia lolos ke putaran final Piala Dunia, termasuk sebagai Yugoslavia hingga Piala Dunia edisi 1990 di Italia. Prestasi terbaik Yugoslavia ialah semifinalis edisi 1930 di Uruguay dan 1962 di Chile.

Yang juga menggelar pertandingan pada Selasa dini hari WIB ialah Grup G yang sebelum rangkaian laga dimulai posisi juara telah dipastikan milik Spanyol dan Italia menjadi runner up yang berhak lolos ke jalur play-off antar-runner up.

Spanyol dan Italia sama-sama mencatat kemenangan dengan skor tipis 1-0 di markas lawan. Spanyol mengatasi Israel di Stadion Teddy di Jerusalem dengan gol Asier Illarramendi (76’), sedangkan Italia menang atas Albania di Stadion Loro Borici di Kota Shkoder berkat gol Antonio Candreva (73’).

Satu laga lainnya di Grup G yang dimainkan bersamaan ialah Macedonia menggebuk Liechtenstein 4-0, namun hasil itu tidak bermakna apa pun karena keduanya telah tersingkir sebelum pertandingan dimulai.

Klasemen akhir Grup G Spanyol teratas dengan nilai 28, diikuti bItalia sebagai runner up 23, serta tim-tim yang tersingkir ialah Albania 13, Israel 12, Macedonia 11, dan Liechtenstein 0.

Dengan demikian, dari zona Eropa telah lolos Rusia yang masuk ke putaran final secara otomatis sebagai tuan rumah, kemudian tim-tim yang lolos dari kualifikasi ialah Belgia, Jerman, Inggris, Spanyol, Polandia, Islandia, dan Serbia.