FIFA Umumkan 30 Pemain Calon Peraih Ballon d’Or 2017, Messi, Ronaldo, dan Neymar Akan Kembali Bersaing

Pada akhirnya Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) mengumumkan nama-nama 30 pemain yang berkesempatan meraih trofi Ballon d’Or 2017. Di antara nama-nama tersebut, terdapat beberapa pemain yang dari tahun ke tahun selalu masuk dalam daftar dan ada juga wajah-wajah baru yang siap memberi kejutan.

Sebut saja nama-nama seperti striker Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, dan gelandang Chelsea, N’Golo Kante. Nama Mbappe masuk ke dalam nominasi 30 besar lantaran kiprah gemilangnya di musim lalu kala masih membela AS Monaco.

Bagaimana tidak, meski masih berusia 18 tahun, Mbappe mampu menjadi tumpuan utama Monaco di lini depan. Terbukti Mbappe sukses mencetak 27 gol untuk Monaco di berbagai kompetisi musim lalu. Mbappe juga membawa Monaco menjadi juara Liga Prancis dan menembus semifinal Liga Champions.

 Selain Mbappe, munculnya nama Kante juga menjadi kejutan. Namun, hal tersebut tentunya sejalan dengan prestasi yang telah ditorehkannya. Pasalnya, usai membawa Leicester City menjadi juara Liga Inggris di musim 2015-2016, gelandang berpaspor Prancis itu juga membuat Chelsea menjadi jawara Liga Linggris semusim setelahnya.

Selain dua nama debutan tersebut, terdapat pula nama-nama besar yang dalam beberapa musim terakhir selalu mendominasi. Sebut saja megabintang Barcelona, Lionel Messi, megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dan rekrutan anyar PSG, Neymar da Silva.

Ketiga nama tersebut disinyalir akan menjadi kandidat terkuat peraih trofi Ballon d’Or 2017. Baik Ronaldo, Messi, dan Neymar, masing-masing memiliki senjata yang dapat membuat mereka dinobatkan sebagai yang terbaik. Bila tiga nama tersebut pada akhirnya masuk dalam jajaran tiga besar, maka persaingan seperti pada 2015 pun akan kembali terulang.