Jelang Hadapi Bhayangkara FC, Persiba Dituntut Lebih Garang

Tim pelatih Persiba Balikpapan fokus memperbaiki finishing anak asuhnya jelang hadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Minggu (8/10).

Tuntutan memenangkan pertandingan di tujuh laga sisa Liga 1 2017 menjadi musababnya.

Diketahui, saat ini posisi Beruang Madujulukan Persiba kian terjepit. Hasil imbang 22 saat menjamu Persib Bandung di Stadion Batakan Balikpapan, Minggu (1/10), membuat jarak poin dengan para pesaing kian lebar.

Yakni, beda lima poin dengan Perseru Serui di peringkat 16, delapan angka dari Semen Padang (15), dan sembilan poin dari PS TNI (14).

Apalagi, belakangan Bryan Cesar cs sering membuang peluang yang didapat. Saat menghadapi Persegres Gresik United misalnya, anakanak Kota Beriman mampu menciptakan 14 peluang bagus. Namun hanya tiga yang dikonversi menjadi gol. Pun saat menjamu Persib Bandung, dari 12 peluang dan 15 tembakan hanya berbuah 2 gol.

Tampil di kandang lawan, tentu kejadian ini tidak boleh terulang. Sebab, peluang yang didapat tidak akan sebanyak saat main di depan pendukung setia. Terlebih, lawan yang dihadapi tengah berada dalam tren apik. Bhayangkara FC saat ini menjadi pemuncak klasemen dengan 56 poin. Dan, sudah tak terkalahkan di 10 laga terakhir.

Untuk mempertajam lini serang, kemarin (5/10), saat berlatih di Lapangan Bima Sakti, Lanud Balikpapan, pelatih Persiba Haryadi menerapkan latihan lima lawan lima. Tak hanya para bomber, dia juga meminta para gelandang dan pemain bertahan untuk agresif ketika mendapat peluang di depan mulut gawang lawan.

Selama ini, finishing selalu jadi fokus utama kami dalam latihan. Karena kami tidak boleh puas dan harus terus lebih baik, ungkap Haryadi. Tak hanya urusan mengoyak jala lawan, dia juga memperbaiki transisi dan support antarpemain. Baik saat membangun serangan, tapi juga dalam melakukan pressing.