Hajar Albania 3-0, Spanyol Pastikan Tiket ke Piala Dunia 2018

Timnas Spanyol masih terlalu kuat bagi sang tamu, Albania. Bertanding di Estadio Jose Rico Perez dalam gameweek kesembilan kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa Grup G, Sabtu (7/10/2017) dini hari WIB, La Furia Roja menang besar 3-0. Spanyol arahan Julen Lopetegui pun dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia yang bakal dihelat di Rusia tahun depan.

Ya, dengan tinggal satu gameweek tersisa, perolehan poin Spanyol (25) kini tak mungkin lagi dikejar Italia (20) yang bercokol di peringkat kedua. Di waktu bersamaan, Italia memang di luar dugaan ditahan imbang Makedonia 1-1 di Turin. Gli Azzurri pun harus melalui babak play-off dulu jika ingin lolos ke Rusia.

Tiga gol Spanyol ke gawang Albania sendiri dibukukan Rodrigo, Isco Alarcon, dan Thiago Alcantara. Dari sembilan laga yang telah dihelat di Grup G, rekor Spanyol memang amat impresif. Mereka menang delapan kali dan sekali imbang.

Jalannya Laga

Spanyol langsung bisa mengambil alih permainan. Menit 12, Rodrigo nyaris saja membuat Spanyol unggul. Akan tetapi, sundulannya masih sedikit menyamping di sisi gawang Albania.

Namun di menit 16, Spanyol berhasil unggul 1-0 atas Albania, kali ini Rodrigo tak menyia-nyiakan peluang. Penyerang andalan Valencia yang melakoni start gemilang bersama Los Che di musim 2017-2018 tersebut dipercaya tampil sebagai starter oleh pelatih Julen Lopetegui.

Menerima sodoran Isco, Rodrigo melakukan kontrol dada sebelum melepaskan sepakan kaki kiri yang merobek jala gawang Albania. Ini merupakan gol perdana Rodrigo bersama timnas senior Spanyol! Laga ini sendiri sejatinya baru merupakan caps kedua penyerang 26 tahun itu bersama timnas senior.

Menit 23, Spanyol berhasil menggandakan keunggulan mereka. Adalah ace La Furia Roja, Isco, yang membuat papan skor kini menjadi 2-0.

Menerima umpan dari Koke, Isco yang juga merupakan bintang Real Madrid, melakukan turn yang indah, sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang bersarang di pojok kanan bawah gawang Albania.

Unggul dua gol belum mengendurkan serangan Spanyol di babak pertama. Bahkan, armada Lopetegui berhasil kembali mencetak gol di menit 26.

Ya, hanya tiga menit berselang dari gol Isco, Spanyol kembali berhasil mengoyak jala gawang Albania. Thiago membuat La Furia Roja kini unggul dengan skor mencolok 3-0.

Thiago yang juga merupakan gelandang andalan Bayern Munich, merangsek dari second line untuk menyambut crossing Álvaro Odriozola dengan tandukan ‘roket’-nya. Nama terakhir sendiri bermain impresif di sektor fullback kanan ini sejauh ini, meski berstatus sebagai debutan di timnas senior. What a cross and what a header!

Gol ini menjadi yang terakhir di babak pertama. Spanyol semakin mantap menjejakan satu kaki untuk bisa lolos otomatis ke Piala Dunia 2018.

Spanyol belum mengurangi intensitas serangannya di babak kedua. La Furia Roja masih terus mendominasi jalannya pertandingan. Peluang Koke di awal babak kedua masih bisa dimentahkan oleh kiper Albania, sementara usaha Rodrigo masih melambung dari mistar gawang Albania.

Menit 69, giliran Albania yang membuang peluang berharga. Sundulan dari Sadiku masih menghantam tiang gawang. Setelah itu, sepakan Latifi di menit 73 masih bisa dimentahkan kiper andalan Spanyol, David De Gea.

Hingga laga usai tak ada lagi gol yang tercipta. Spanyol pun mampu mempertahankan kemenangan hingga akhir pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Spanyol XI: De Gea; Odriozola, Ramos, Pique/Nacho, Alba; Saul, Koke, Thiago; Silva/Asensio, Rodrigo/Aduriz, Isco.

Albania XI: Berisha; Hysaj, Ajeti, Veseli, Balliu/Sadiku; Memushaj, Xhaka, Kace; Grezda, Llullaku, Memolla/Agolli.