Spanyol Siap Terbang ke Rusia Tahun Depan

Meski digoyang referendum kemerdekaan Catalunya, Spanyol tetap diunggulkan mengalahkan Albania di Alicante, Sabtu (7/10/217) dini hari WIB.

Kemenangan menggaransi La Furia Roja terbang langsung ke Rusia.

Juara Piala Dunia 2010 Spanyol memimpin Grup G kualifikasi Piala Dunia 2018.

Selain memiliki selisih gol yang sangat besar, La Furia Roja unggul tiga poin atas peringkat kedua Italia.

Mereka menyisakan dua pertandingan. Tetapi, Spanyol bakal langsung lolos ke putaran final Piala Dunia edisi ke-21 di Rusia, 14 Juni hingga 15 Juli 2018, jika mereka mengalahkan Albania di Estadio Jose Rico Perez di Alicante, dini hari nanti.

Di atas kertas, Spanyol unggul segalanya atas Albania. Bahkan, tim Matador-julukan lain untuk Spanyol-menang terus, mencetak 26 gol, dan hanya kebobolan dua gol dalam enam duel terakhir melawan Albania di laga kompetitif.

Pada pertemuan pertama kualifikasi Grup G di Albania setahun silam, Spanyol unggul 2-0.

Logikanya, bermain di Albania saja Spanyol menang, apalagi jika bermain di kandang sendiri.

Rapor Spanyol saat bermain di rumah sendiri juga cemerlang. Dari tujuh laga terakhir, mereka membukukan enam kemenangan dan sekali imbang.

Kali terakhir Spanyol kalah di kandang sendiri pada 8 Juni 2016, ketika mereka menyerah 0-1 kepada Georgia dalam laga uji coba.

Striker Alvaro Morata dan Diego Costa absen. Morata cedera, sedangkan Costa tidak dipanggil karena dia sama sekali belum bermain di musim ini.

Meski demikian, Pelatih Spanyol Julen Lopetegui masih memiliki segudang pemain kelas bintang, termasuk trio Real Madrid, Sergio Ramos, Isco, dan Marco Asensio.

Isco bisa jadi figur sentral dalam permainan Spanyol. Performa gelandang serang berusia 25 tahun ini sedang bagus-bagusnya.

Dia tampil dalam seluruh tujuh laga perdana Real Madrid di La Liga Spanyol musim ini dan mencetak dua gol.

Di kualifikasi Piala Dunia 2018, pemilik nama lengkap Francisco Román Alarcón Suárez ini sudah mengemas empat gol, tiga di antaranya dia buat dalam dua laga terakhir, termasuk dua gol ke gawang empat kali juara dunia Italia dalam kemenangan 3-0, 3 September silam.

“Saya sangat senang dengan penampilan yang dia (Isco) tunjukkan belakangan ini,” kata Lopetegui.

“Isco ingin menjadi pemain utama dan untungnya dia bersama kami,” tambah Lopetegui.

“Dia sudah sering bermain dan itu membuatnya semakin berkembang, lebih matang. Dia pemain hebat. Dia tumbuh secara signifikan dengan dan tanpa bola.”

Ramos. Selain tangguh dalam menjaga pertahanan Spanyol, bek tengah berusia 31 tahun ini juga kerap mencetak gol penting.

Pemain senior Real Madrid ini membuka kemenangan Spanyol dalam kemenangan 8-0 di Liechtenstein pada matchday 8 Grup G, bulan lalu.

Bintang Real Madrid lainnya, Marco Asensio, berpeluang menjadi starter sebagai penyerang tengah, sementara Morata dan Costa absen.

Meski baru berusia 21 tahun, Asensio selalu tampil dalam tujuh laga perdana Madrid di Liga Spanyol 2017-2018.

Bahkan, pemain kidal ini ikut menyumbang dua gol.

Ada juga David Silva. Bintang Manchester City ini bahkan menjadi top scorer Spanyol bersama Morata dan Costa.

Ketiganya sama-sama mencetak lima gol sepanjang kualifikasi ini.