LAPORAN PERTANDINGAN: BOLIVIA 0-0 BRASIL

Brasil tidak pernah kekurangan peluang pada pertandingan ini namun dipaksa puas pulang dengan raihan satu poin dari kandang Bolivia.

Brasil menambah satu poin di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Latin dengan bermain imbang tanpa gol lawan tuan rumah Bolivia.

Tidak banyak yang dipertaruhkan pada duel yang berlangsung di La Paz ini. Brasil telah jauh-jauh hari memastikan satu tiket ke Piala Dunia 2018 sementara Bolivia tampil tanpa beban sama sekali.

Bolivia tampil tanpa Pablo Escobar sementara bintang Liverpool Philippe Coutinho masuk sebagai starter di skuat arahan Tite bersama Miranda, Alex Sandro, Casemiro dan Gabriel Jesus.

Pertandingan kedua tim berjalan lambat di awal pertandingan dengan siulan keras dari Estadio Hernando Siles setiap tim Samba menguasai bola.

Di menit kesepuluh Brasil mulai mengancam saat crossing Neymar menghasilkan kemelut di kotak penalti tuan rumah namun mereka berhasil menutup kans menembak.

Peluang pertama pertandingan baru tercipta pada menit 25, Neymar melakukan terobosan ke kotak penalti dan tembakan kaki kanannya memaksa penyelamatan dari Carlos Lampe.

Delapan menit berselang Lampe kembali mendapat sambutan meriah dari fans tuan rumah ketika melakukan tip menggagalkan serangan dari Gabriel dan Neymar.

Sejumlah kans kemudian berhasil diciptakan Brasil namun lagi-lagi Lampe berhasil mencegah terciptanya gol termasuk salah satunya ketika dia memblok tembakan Gabriel dengan wajahnya.

Babak pertama diakhiri tembakan jarak jauh Bejarano yang nyaris membuat fans di tribun melompat kegirangan, sayang bola malah menghajar bagian bawah mistar gawang sebelum diamankan Alisson.

Di paruh kedua Brasil langsung tancap gas tetapi keinginan Gabriel Jesus mencatatkan nama di papan skor masih gagal karena tembakannya ditepis Lampe dan bola mengenai tiang gawang.

Tidak lama kemudian tempo pertandingan kembali menurun dan di menit 66 Coutinho ditarik keluar untuk digantikan Willian.

Ketika laga menyisakan 20 menit di waktu normal, wasit memberi kartu kuning pada Valverde karena menjatuhkan Neymar di tepi kotak penalti. Eksekusi tembakan bebas dilakukan bintang milik PSG tersebut namun bola melengkungnya masih gagal mengenai target.

Tiga menit sebelum bubaran pertandingan, Brasil kembali membuka kans mencetak gol saat Gabriel menanduk si kulit bulat di tiang jauh tetapi arah bola tidak menyulitkan Lampe.

Skor 0-0 bertahan hingga bubaran pertandingan. Di laga terakhir grup Brasil akan meladeni tantangan Cile sementara Bolivia akan bermain di markas Uruguay.