Keluar dari Lima Besar, Argentina di Ujung Tanduk

Mayoritas penonton di Stadion Alberto J. Armando atau disebut juga La Bombonera di Buenos Aires, Jumat (6/10) pagi WIB, hanya bisa terpaku saat sekelompok kecil pendukung Timnas Peru bernyanyi riang gembira. Tim kesayangannya baru saja membuat tuan rumah Argentina di ujung tanduk, keluar dari zona jatah tiket Piala Dunia 2018.

Peru berhasil menahan Lionel Messi cs tanpa gol di laga ke-17 kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol.

Hasil tersebut membuat Argentina turun satu peringkat ke posisi keenam. Sementara, jatah tiket ke Rusia 2018 dari zona ini hanya empat setengah. Empat negara lolos otomatis, peringkat kelima diadu lagi dalam play-off dengan wakil konfederasi lain.

Halo, Argentina! Kualifikasi hanya menyisakan satu pertandingan lagi.

Di laga terakhir, Rabu (11/10) nanti, Tim Tango akan bertandang ke markas Ekuador dan butuh keajaiban di sana.

Messi dkk harus menang melawan Ekuador yang memang tak punya peluang lagi ke Rusia 2018. Antonio Valencia (kapten Manchester United) dan kawan-kawan baru saja kalah dari Chile 1-2 yang membuat pintu ke Rusia 2018 tertutup.

So, Argentina harus menang sambil berharap Peru, Chile atau Kolombia kalah.

Jika di akhir kualifikasi Argentina tak beranjak dari posisi keenam, La Albiceleste harus rela menonton Piala Dunia 2018 dari televisi. Messi (30 tahun) akan melewatkan Piala Dunia yang mungkin terakhir buatnya.

Jika Argentina si pemilik dua gelar juara Piala Dunia (1978, 1986) tersebut tak lolos ke Rusia 2018, itu berarti mengulang catatan buruk 48 tahun lalu, saat Argentina gagal lolos ke Piala Dunia 1970 di Meksiko.

Hasil pertandingan Jumat (6/10)
Bolivia 0-0 Brasil
Venezuela 0-0 Uruguay
Argentina 0-0 Peru
Chile 2-1 Ekuador
Kolombia 1-2 Paraguay

Klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2018 (Conmebol)

Jadwal pertandingan Rabu (11/10)
Brasil vs Chile
Ekuador vs Argentina
Peru vs Kolombia
Uruguay vs Bolivia
Paraguay vs Venezuela

(Jerman dan Inggris Dapat Tiket Piala Dunia 2018)