Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2018

Inggris dan Jerman telah memastikan kelolosannya ke Piala Dunia 2018. Namun, hasil seri yang diterima Argentina membuat mereka berada dalam posisi terjepit.

Di zona UEFA, Inggris butuh hingga menit-menit akhir untuk mengalahkan Slovenia 1-0 dalam laga Grup F di Wembley, Jumat (6/10/2017) dinihari. Bomber Tottenham Hotspur Harry Kane tampil sebagai pahlawan Tiga Singa.

Dengan menyisakan satu pertandingan, Inggris kini mengoleksi 23 poin dari sembilan laga. Kane dkk. tidak mungkin lagi dikejar rival terdekatnya Skotlandia yang mengoleksi 17 poin.

Sedangkan di Grup C, juara bertahan Jerman menjalani pertandingan melawan Irlandia Utara dengan nyaman. Tampil di depan suporter lawan, Die Mannschaft menang mudah 3-1, dengan unggul tiga gol lebih dulu.

Kemenangan ini tak sekadar meloloskan Jerman ke Rusia. Namun, pasukan Joachim Loew itu masih mencatatkan rekor 100% kemenangan usai mengantongi 27 poin dari sembilan pertandingan.

Polandia di ambang kelolosan usai menghancurkan tim lemah Armenia 6-1, berkat trigol Robert Lewandowski. Dengan nilai 22 poin, Polandia hanya butuh satu angka saat menghadapi Montenegro di matchday terakhir.

Sementara itu, di zona CONMEBOL Brasil dipaksa bermain imbang tanpa gol oleh Bolivia. Hasil ini tidak memengaruhi apapun, karena Selecao telah lolos lebih dahulu dan Bolivia dipastikan tersingkir.

Rival berat Brasil, Argentina, justru merana. Albicelester diimbangi Peru 0-0 sehingga kini berada di peringkat keenam klasemen sementara usai mendulang 25 poin. Dengan sisa satu laga kualifikasi, Argentina butuh setidaknya finis di peringkat kelima untuk maju ke playoff.

Hasil tanpa gol turut diterima Uruguay ketika melawat ke Venezuela. Meski begitu, La Celeste yang kni mengoleksi 28 poin, cuma butuh satu angka tambahan untuk melenggang ke Piala Dunia di matchday terakhir melawan Bolivia.

Sementara itu Kolombia gagal memaksimalkan peluangnya untuk lolos setelah secara mengejutkan ditekuk Paraguay 1-2. Dengan 26 poin, James Rodriguez dkk. akan melakoni laga penentuan melawan Peru di matchday terakhir.
Juara Copa America dua edisi terakhir, Chile, menghidupkan peluang setelah mengalahkan Ekuador 2-1. Chile naik ke posisi ketiga dengan 26 poin, sekaligus memastikan Ekuador tidak lolos.

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2018

Zona UEFA
Azerbaijan 1-2 Republik Ceko
Armenia 1-6 Polandia
Irlandia Utara 1-3 Jerman
San Marino 0-8 Norwegia
Montenegro 0-1 Denmark
Rumania 3-1 Kazakhstan
Inggris 1-0 Slovenia
Malta 1-1 Lithuania
Skotlandia 1-0 Slovakia

Zona CONMEBOL
Bolivia 0-0 Brasil
Venezuela 0-0 Uruguay
Kolombia 1-2 Paraguay
Chile 2-1 Ekuador
Argentina 0-0 Peru