Van der Sar Soal Mengapa Ronaldo Jadi Pemain Terbaik Dunia

Cristiano Ronaldo tak dipungkiri adalah salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Etos kerja yang kuat disebut jadi rahasia performa hebat Ronaldo.

Van der Sar dan Ronaldo pernah bersama sewaktu di Manchester United, yakni pada musim 2005 sampai 2009. Hubungan keduanya pun terbilang dekat.

Van der Sar, yang kini sudah pensiun, masih ingat ketika Ronaldo sering mengajaknya berlatih ekstra di MU. Salah satunya adalah berlatih tendangan bebas.

Van der Sar menuturkan, Ronaldo dan Wayne Rooney adalah dua pemain paling menonjol di MU ketika itu. Namun CR7 disebut punya level latihan lebih bagus. Maka dari itu wajar jika Ronaldo jadi pemain terbaik dunia saat ini dengan tendangan bebas sebagai senjata rahasianya.

“Mereka berdua itu pekerja keras di lapangan, tapi Cristiano setingkat di atasnya. Di luar lapangan, Ronaldo juga selalu fokus pada berbagai hal, seperti soal beristirahat dengan baik dan memperkuat tubuhnya,” ungkap Van der Saar kepada Mirror.

“Setelah sesi latihan, dia sering melatih tendangan bebasnya dan kemudian mendatangi saya sambil berkata, “Edwin, bisakah Anda ke gawang?”

“Saya mengatakan saya sudah tua sehingga dia lebih baik menggunakan salah satu kiper muda tim. Tapi dia akan memaksa saya menjadi kiper sebab dia ingin mencetak gol ke gawang saya.”

“Saya sering menggodanya dan bilang seperti, “Anda tidak akan mencetak gol lewat saya, Ronnie, kamu tahu itu. Minta saja ke kiper cadangan, itu lebih baik untuk kepercayaan dirimu. Dia tetap memaksa dan menjawab, “Tidak, tidak. Anda ke ke gawang,” paparnya

Van der Sar kala itu cuma bisa menuruti. Hasilnya, Ronaldo yang kemudian pindah ke Real Madrid itu menjadi salah satu pesepakbola terbaik di dunia.

“Biar bagaimanapun Cristiano adalah sosok yang sangat baik. Persepsi orang tentangnya bukanlah gambaran sebenarnya dia,” tutup Van der Sar.