Busquets Siap Bermain Lebih Lama untuk Spanyol, Juga Tanggapi soal Pique

Sergio Busquets menegaskan siap bermain lebih lama untuk tim nasional Spanyol. Pemain berusia 29 tahun itu juga mengomentari situasi Gerard Pique.

Isu nasionalisme tengah menjadi sorotan di timnas Spanyol. Persoalan itu muncul di tengah-tengah desakan referendum Catalunya.

Adalah Pique, yang notabenenya seorang Catalans, mengaku siap mundur dari timnas demi mendukung kampung halamannya merdeka. Sebagai imbasnya, bek tengah itu mendapat cemoohan dari para pendukung ‘Tim Matador’.

Busquets, yang juga lahir di Catalunya, punya sikap berbeda. Ia mengaku siap bermain lebih lama di timnas Spanyol. Busquets sendiri sedang menatap caps ke-100 bersama La Furia Roja andai diturunkan saat menghadapi Albania (6/10) dan Israel (9/10) di kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Saya pikir saya akan terus bermain bertahun-tahun lagi di timnas. Saya mengatakan ini adalah periode saya yang paling sulit di tim nasional atas semua hal yang terjadi dan saya pikir akan sulit untuk menyelesaikan situasi Pique,” Busquets mengatakan dikutip Marca.

Busquets mengomentari friksi antara Pique dan Sergio Ramos. Ramos diketahui mengkritik Pique karena mendukung kemerdekaan Catalunya. Busquests membantah ada rapat khusus membahas hubungan keduanya di timnas.

“Tidak ada pertemuan untuk mengatasi situasi Pique. Saya tidak tahu apakah Ramos dan Pique sudah saling berbicara, tapi ini bukan situasi seperti yang biasanya. Untuk Pique, dia terlihat sama seperti biasanya,” Busquets menambahkan.

“Ramos sosok penting dalam segala hal. Dalam hal olahraga, sebagai kapten dia adalah teladan dan dia selalu ada saat Anda membutuhkannya. Jika saya harus memilih dua pemain secara khusus, maka saya akan mengatakan Xavi (Hernandez) dan (Andres) Iniesta,” Busquets melanjutkan seraya menegaskan dirinya tidak memihak siapapun.