Hasil Pertandingan Atalanta vs Juventus: Skor 2-2

Pertandingan giornata tujuh Serie A mempertemukan Atalanta melawan Juventus. Pertandingan ini dilangsungkan di Stadio Atleti Azzurri d’Italia pada hari Senin (02/10).

Pertandingan ini berjalan seru dan cukup terbuka. Juventus unggul dua gol lebih dulu lewat Federico Bernardeschi dan Gonzalo Higuain. Atalanta mampu mengejar lewat gol-gol Mattia Caldara dan Bryan Cristante. Namun kontroversi VAR mewarnai laga ini setelah wasit menganulir gol Mandzukic dan memberikan penalti untuk Juventus.

Juventus sudah bermain dominan sejak awal laga. Mereka menekan pertahanan Atalanta dari segala penjuru. Gol Juve akhirnya tercipta pada menit ke-21 melalui Federico Bernardeschi. Tembakan Blaise Matuidi dari luar kotak penalti ditepis Berisha, namun bola rebound disambar bernardeschi untuk membawa Juve unggul.

Empat menit berselang, Bernardeschi memberikan assist kepada Gonzalo Higuain yang menggandakan keunggulan Juventus. Higuain mendapat bola di depan gawang dan bisa mencetak gol melalui tembakan keras dari sudut yang cukup sempit karena dibayangi bek lawan.

Pada menit ke-31, Atalanta memperkecil ketertinggalan melalui pemain pinjaman dari Juventus; Mattia Caldara. Papu Gomez menjatuhkan diri di luar kotak penalti dan wasit memberikan tendangan bebas meski dalam tayangan ulang terlihat tak ada pelanggaran. Papu Gomez mengeksekusi tendangan bebas itu, Buffon salah mengantisipasi dan bola rebound disambut oleh Caldara untuk mencetak gol. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-2.

Memasuki babak kedua, Juventus terus berusaha menekan untuk kembali menambah keunggulan. Sementara itu, Atalanta lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik yang sangat cepat dan efisien.

Juventus mampu mencetak gol pada menit ke-57 melalui Mario Mandzukic. Umpan silang Dybala dari sisi kanan disambut sundulan Mandzukic yang menjebol gawang Berisha. Namun gol ini dianulir setelah wasit menggunakan bantuan Video Assistan Referee (VAR). Wasit melihat Lichtsteiner melakukan pelanggaran di sisi lain lapangan. Para pemain Juve memprotes keras keputusan ini tapi wasit bergeming menganulir gol itu.

Atalanta justru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-67. Papu Gomez melepas umpan silang ke depan gawang Juventus yang disambut sundulan keras Bryan Cristante. Bola mengalir deras ke gawang Buffon dan mengubah kedudukan menjadi 2-2.

Kontroversi masih belum selesai. pada menit-menit akhir, wasit memberikan penalti untuk Juventus karena menganggap Hateboer melakukan pelanggaran handball meski dalam tayang ulang terlihat bahwa bola menghantam pundak sang bek. Wasit bahkan melihat tayang ulang insiden itu dan bersikukuh memberikan penalti untuk Juve.

Penalti itu diambil oleh Dybala. Namun tembakan Dybala lemah dan mampu ditepis Berisha untuk mengamankan hasil imbang 2-2 sampai laga usai. Dengan hasil ini, Juventus kini berada di peringkat dua klasemen sementara Serie A dengan 19 poin dari tujuh pertandingan, terpaut dua poin dari Napoli yang sejauh ini mencatatkan rekor sempurna. Sementara itu, Atalanta kini bercokol di posisi 11 klasemen dengan sembilan poin.

Susunan pemain Atalanta: Etrit Berisha, Mattia Caldara, José Luis Palomino, Andrea Masiello, Remo Freuler, Bryan Cristante (Marten de Roon), Leonardo Spinazzola, Hans Hateboer, Andreas Cornelius (Josip Ilicic), Alejandro Gómez, Jasmin Kurtic (Andrea Petagna).

Susunan pemain Juventus: Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Medhi Benatia, Kwadwo Asamoah, Stephan Lichtsteiner (Andrea Barzagli), Paulo Dybala, Blaise Matuidi, Rodrigo Bentancur, Gonzalo Higuaín, Mario Mandzukic (Douglas Costa), Federico Bernardeschi (Juan Cuadrado).