Feyenoord & Ajax Ikut-ikutan Menang 4-0

Dua klub yang merupakan kekuatan tradisional sepak bola Belanda, Feyenoord Rotterdam dan Ajax Amsterdam, mengikuti jejak PSV Eindhoven dengan sama-sama menang telak 4-0 dalam pekan ketujuh Eredivisie.

Bertarung di markas AZ, Stadion AFAS di Alkmaar, pada Minggu malam WIB (1/10/2017), Steven Berghuis bermain gemilang dengan mencetak dua gol dan memasok satu assist untuk membawa juara bertahan Feyenoord menjaringkan empat gol tanpa balas ke gawang tuan rumah.

Pada menit ke-11 Berghuis membuka skor setelah menyambar assist Sam Larsson. Hanya berselang 6 menit kemudian, giliran Larsson mencatatkan nama di papan skor sekaligus menggandakan keunggulan tim tamu.

Skor ketika turun minum pun menjadi 0-3 untuk keunggulan skuat asuhan pelatih berdarah Maluku, Giovanni van Bronckhorst, setelah Berghuis menghasilkan gol keduanya dalam laga tersebut.

Pada babak kedua, tepatnya menit ke-57, Feyenoord menambah sebiji gol lagi, kali ini melalui kontribusi Tonny Vilhena, dengan Berghuis bertindak sebagai pemberi assist. Skor akhir 0-4.

Kemenangan 4-0 di kandang lawan juga menjadi milik Ajax Amsterdam, yang mengyhantam tuan rumah SC Heerenveen di Stadion Abe Lenstra di Kota Heerenveen.

Penyerabng asal Brasil yang baru berusia 20 tahun, David Neres, memasok dua gol pembuka pada menit 38 dan 41 sehingga skor saat jeda sudah 0-2 untuk keunggulan tamu.

Pada babak kedua, Ajax menambah dua gol lagi melalui kontribusi Lasse Schone dari titik penalti pada menit 75 dan Maxi Wober 8 menit menjelang laga usai.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Feyenoord menempati posisi kedua dengan nilai 15, sedangkan Ajax di posisi keenam dengan nilai 13. Heerenveen masih berada  satu setrip di atas Ajax dengan satu angka lebih banyak, sementara AZ di posisi kedelapan dengan nilai 12.

Di urutan teratas bercokol PSV Eindhoven yang mendulang 18 angka setelah juga menang dengan skor 4-0 atas Willem II Tilburg sehari sebelumnya.

Hasil lengkap matchday ketujuh hingga Senin dini hari WIB: Twente 2 vs Heracles 1; NAC Breda 0 vs ADO Den Haag 1; PEC Zwolle 3 vs Groningen 2; PSV 4 vs Willem II 0; Excelsior 0 vs VVV Venlo 2; AZ 0 vs Feyenoord 4; Heerenveen 0 vs Ajax 4; Vitesse 1 vs Utrecht 1; Sparta 1 vs Roda JC 2.