Gol Lukaku dan Kemenangan Man United atas Everton

Manchester United meraih kemenangan 40 atas Everton pada partai lanjutan Premier League, kasta pertama Liga Inggris, di Stadion Old Trafford, Minggu (17/9/2017).

Dalam laga ini, Lukaku mencetak gol ke gawang Everton yang notabene mantan klubnya. Tiga lesakan lainnya berasal dari Antonio Valencia, Henrikh Mkhitaryan, dan Anthony Martial.

Tambahan tiga poin mengantarkan Manchester United menempel rival sekotanya, Manchester City, di puncak klasemen. Kedua tim samasama mengoleksi 13 angka dan surplus 14 gol.

Manchester United hanya butuh empat menit untuk menjebol gawang Everton via tendangan Antonio Valencia.

Pemain yang menjabat sebagai kapten Manchester United tersebut menyambar umpan Nemanja Matic sebelum melepas tembakan dari luar kotak penalti melewati kiper Everton, Jordan Pickford.

Ashley Young sempat mencoba menciptakan peluang untuk gol kedua tuan rumah, tetapi upayanya dari sisi kiri pertahanan Everton membentur gawang Pickford.

Mantan penyerang Man United, Wayne Rooney, sempat mencoba melepas tembakan dari sisi luar kotak penalti David De Gea. Apes baginya, tembakannya melebar.

Romelu Lukaku gantian mengancam Everton pada menit ke26. Penyerang asal Belgia tersebut bahkan sudah tinggal berhadapan dengan Pickford. Namun, tembakannya malah melebar alihalih berbuah jadi gol.

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan 10 tidak berubah untuk keunggulan Manchester United.

Memasuki babak kedua, Rooney kembali mengancam gawang Manchester United setelah lepas dari kawalan Eric Bailly. Lagilagi upayanya gagal karena kiper Setan Merah, David De Gea, sanggup mengeblok bola.

Everton terus menekan. Gylfi Sigurdsson mendapat peluang pada menit ke61. De Gea kembali menghalangi upaya tim tamu menyamakan kedudukan karena dia bisa mengamankan bola.

Memasuki menit ke70, giliran Jesse Lingard yang punya kesempatan menambah gol tuan rumah, kalau saja bola tembakan kaki kirinya tidak meleset.

Henrikh Mkhitaryan akhirnya mengubah skor menjadi 20 untuk pasukan Jose Mourinho.

Bermula dari kesalahan operan pemain Everton ke Marouane Fellaini, pemain Belgia tersebut mengoper ke Romelu Lukaku. Lukaku meneruskan bola ke Mkhitaryan yang dengan tenang menceploskan bola menaklukkan Pickford.

Lukaku ganti mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke89, setelah menyambar bola tendangan bebas Jesse Lingard.

Duka Everton semakin bertambah memasuki babak injury time setelah wasit Andre Marriner memberikan penalti untuk Man United menyusul pelanggaran Morgan Schneiderlin.

Pemain pengganti Anthony Martial tidak menyianyiakan peluang dan mencetak gol keempat tuan rumah.