Januzaj Anggap Van Gaal Hancurkan Karirnya di MU

Eks winger Manchester United, Adnan Januzaj, mengklaim bahwa ia tidak mendapat kebebasan dalam bermain dari Louis van Gaal.

Pemain 22 tahun namanya menanjak di Old Trafford di bawah asuhan David Moyes, mencetak dua gol dalam laga debutnya di Premier League di 2013 dan dianggap sebagai salah satu pemain muda terbaik Eropa.

Namun demikian, Januzaj tak lagi menjadi pilihan utama di United setelahnya, dan empat tahun berselang, sang pemain harus melanjutkan karirnya di Real Sociedad, setelah Jose Mourinho memutuskan menjualnya di musim panas.

Januzaj lantas mengkritik kehadiran Van Gaal di 2014, yang menurutnya membuat permainannya tak bisa berkembang.

“Tidak ada lagi kebebasan seperti sebelumnya. Seorang winger membutuhkan rasa percaya diri, manajer akan meminta anda melewati pemain lawan. Namun dia selalu meminta kami melakukan umpanumpan lamban,” tutur Januzaj di Daily Mail.

Adnan Januzaj

“Bagi beberapa pemain itu sulit. Anda bisa lihat ada banyak pemain yang tak menikmati permainan. Manajer dan saya mengalami diskusi yang sulit. Saya frustrasi dan semua orang tahu saya bukan lagi Adnan yang sama. Sulit bagi seorang pemain muda, jika dia sudah bekerja keras namun tetap tak masuk dalam tim.”

“Sebagai pemain, jika anda terlalu banyak berpikir di atas lapangan, itu takkan bagus. Anda harus mengandalkan insting. Ketika bola datang, kami harus berpikir apa yang berikutnya harus dilakukan.”

Van Gaal dipecat United di musim panas 2016, tak lama setelah mempersembahkan gelar juara Piala FA.