GOAL VERSUS: BARCELONA LAWAN BINTANG-BINTANG EROPA

Bagaimana komparasi performa para penggawa Barcelona pekan ini dengan bintang top dari tim lain di liga-liga utama Eropa?

Perolehan poin Barcelona masih tanpa cacat di La Liga Spanyol musim ini. Enam kali turun bertanding, enam kali pula Barcelona tampil sebagai pemenang.

Klub terakhir yang mencoba membendung Blaugrana – dan gagal – adalah tim promosi Girona. Walaupun meminimalisir bahaya laten Lionel Messi dengan penjagaan man-marking ketat oleh Pablo Moffeo, Girona harus menyerah 3-0 di kandang sendiri pada Sabtu (23/9) lalu.

Messi yang sebelum laga telah menorehkan rekor fantastis sembilan gol hanya dalam lima aksi liga berhasil diredam, namun dua gol bunuh diri plus satu gol Luis Suarez mengakhiri perlawanan keras Girona.

Hasil komprehensif ini memantapkan posisi skuat Ernesto Valverde di pucuk klasifika dengan nilai 18, berjarak empat angka di atas Atletico Madrid. Sementara rival abadi El Barca sekaligus juara bertahan La Liga, Real Madrid, terpaut tujuh poin dan berada di tangga kelima.

Ada empat penggawa yang tampil kontributif untuk Barcelona dengan perannya masing-masing. Siapa saja mereka dan bagaimana perbandingan performa masing-masing dengan para bintang top dari tim lain di liga-liga utama Eropa?

Sergi Roberto Barcelona Betis LaLiga 20082017

Dimulai dari jantung pertahanan, Javier Mascherano mempersembahkan penampilan solid untuk membantu Los Azulgrana membukukan clean sheetkeempat dari enam partai liga sejauh ini. Pemain internasional Argentina itu membuat enam halauan melawan Girona. Statistik ini lebih baik dari bek tangguh Italia dan Juventus, Giorgio Chiellini, yang melakukan tiga clearancedalam kemenangan I Bianconeri 4-0 atas Torino di Derby della Mole.

Sementara itu, bek sayap Sergi Roberto juga bermain gemilang di Estadi Montilivi. Pemain 25 tahun ini sangat mobil di sisi kanan dan mengirimkan assist untuk gol Luis Suarez yang menamatkan kans Girona pada babak kedua. Di Liga Primer Inggris, bek Chelsea Cesar Azpilicueta tak kalah impresif dari Roberto dengan membukukan dua buah assist saat The Blues melumat tuan rumah Stoke City 4-0.

GFXID H&S - Barcelona Head 2 Head

Di lapangan tengah, Ivan Rakitic tampil eksepsional untuk Barcelona kontra Girona. Akurasi umpan gelandang internasional Kroasia itu mencapai 88,7 persen. Rakitic sedikit mengungguli akurasi operan Marco Verratti dalam hasil imbang tanpa gol Paris Saint-Germain kontra Montpellier (87%).

Bergeser ke lini depan, Luis Suarez mencetak gol keduanya di La Liga musim ini guna memantapkan keunggulan Barcelona jadi 3-0, setelah sebelumnya tim memegang margin dua gol berkat bunuh diri Aday serta Gorka Iraizoz. Namun, torehan El Pistolero harus diakui kalah cemerlang dari aksi Pierre-Emerick  Aubameyang, mesin gol Borussia Dortmund, yang melesakkan hat-trick ke gawang Borussia Monchengladbach dalam laga lanjutan Bundesliga Jerman.