Alasan Klopp Memainkan Coutinho Hanya 45 Menit

Playmaker Liverpool, Philippe Coutinho, hanya bermain selama 45 menit kala timnya berhadapan dengan Leicester City pada ajang Piala Liga Inggris, Selasa (19/9/2017) atau Rabu dini hari WIB. Manajer Juergen Klopp mengatakan itu bagian dari rencananya untuk mengembalikan kebugaran Coutinho.

Klopp tampaknya tidak terlalu serius menghadapi laga ini. Terbukti, dia hanya menurunkan tiga pemain yang menjadi langganan starter, salah satunya Coutinho, yang baru memulai laganya pada musim ini bersama Liverpool pada pekan lalu.

Keberadaan Coutinho menjadi sangat penting mengingat Liverpool hanya menyisakan pemain bertipikal menyerang yang minim menit bermain, seperti Danny Ings, Lazar Markovic dan Ben Woodburn. Apalagi di dalam lapangan, Klopp memilih memainkan pemain anyar Alex OxladeChamberlain dan Dominic Solanke.

Artinya, keberadaan pemain asal Brasil tersebut sepanjang laga bisa jadi sangat berarti bagi Liverpool. Tetapi mantan pelatih Borussia Dortmund ini mempunyai rencana lain.

Usai turun minum, saat skor masih imbang 00, manajer berusia 50 tahun itu mengganti Coutinho dengan Woodburn. Klopp beralasan bahwa pemain berusia 25 tahun asal Brasil itu masih butuh istirahat untuk mengembalikan kebugarannya.

“Itulah rencananya sebelum pertandingan. Dia membutuhkan waktu bermain tetapi tidak untuk babak kedua. Dia tidak diizinkan bermain selama 90 menit, atau 60 atau 70 atau 80 atau apapun. Sudah jelas bahwa 45 menit adalah batasnya. Kami perlu membuatnya fit tetapi tidak memaksanya. Itu saja,” ujar Klopp kepada situs resmi Liverpool.

Manajer asal Jerman tersebut mengaku bahwa menit bermain Coutinho selama dua laga terakhir memang sudah direncanakan dari sebelumnya.

“Ya tentu saja. 80 menit sekian pada akhir pekan, lalu hari ini,” tutur Klopp.

Liverpool mengakhiri laga tersebut dengan kekalahan 02, yang membuat mereka tersingkir. Meskipun mendominasi pertandingan, gawang mereka justru bobol oleh aksi Shinji Okazaki pada menit ke65 dan Islam Slimani pada 13 menit kemudian.

Akhir pekan ini, Liverpool akan kembali menyambangi markas Leicester. Pertemuan pada Sabtu (23/9) nanti dalam ajang Premier League.