Piala Liga Inggris Bukan Prioritas Spurs

Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino menyatakan, Piala Liga bukan prioritas timnya. Spurs ingin lebih fokus di Premier League dan Liga Champions.

Spurs terus mengalami peningkatan sejak mengangkat Pochettino sebagai manajer di awal musim 2014/2015. The Lilywhites berhasil finis di posisi kelima, ketiga, dan kedua di akhir musim Premier League.

Mereka pun kini punya target tinggi untuk mencapai sukses dan membuktikan diri sebagai tim besar, yakni dengan menjuarai Premier League atau melaju jauh Liga Champions di akhir musim 2017/2018.

Untuk memenuhi target itu, Pochettino menegaskan bahwa timnya tak akan fokus di dua kompetisi domestik, seperti Piala Liga atau Piala FA. Padahal, Piala Liga merupakan trofi terakhir yang dirasakan Spurs pada musim 2007/2008.

“Proyek di Tottenham adalah mencoba memenangi Premier League atau Liga Champions. Bagi saya, itu adalah dua piala besar. Baiklah, saya ingin memenangkan Piala Liga atau Piala FA bagi para penggemar kami, tapi Tottenham harus membangun sebuah proyek dengan kemungkinan untuk memperjuangkan Liga Champions atau Premier League,” kata Pocehettino seperti dikutip Sports Mole.

“Maaf, pertamatama Premier League dan kemudian Liga Champions. Kalau kami mau memenangkan Piala Liga atau Piala FA, lupakan Premier League atau Liga Champions, itu adalah kesalahan besar. Saya pikir trofi untuk dimenangi tim besar adalah Premier League atau Liga Champions,” sambung mantan manajer Southampton itu.

Spurs akan menjalani babak ketiga Piala Liga dengan menjamu Barnsley, Rabu (20/9/2017) dinihari WIB. Dengan ambisi bersar Pochettino untuk memenangi Premier League atau Liga Champions, tentu ada khans besar jika klub asal London Utara itu akan memainkan pemain lapis kedua.

Pria asal Argentina itu tak mau jika karena memperjuangkan Piala Liga, Spurs malah tercecer di kejuaraan yang lebih penting. Seperti halnya saat Wigan Athletic menjuarai Piala FA di musim 2012/2013, namun malah terdegradasi dari Premier Legaue di musim yang sama.

“Ada banyak contoh: pada musim kedua saya di Southampton, Wigan memenangi Piala FA. Ada di mana Wigan hari ini? dengan segala rasa hormat saya, League One. Itu adalah contoh yang paling penting. Tentu saja saya ingin memenangi trofi, tapi pertamatama kami akan berjuang untuk Premier League atau Liga Champions,” ungkap Pochettino.