Liga Inggris: Sambut Rooney, Manchester United Bantai Everton 4-0

Manchester United menggasak Everton dengan skor 4-0 pada laga pekan kelima Liga Inggris di Stadion Old Trafford Ahad malam 17 September 2017. Kekalahan itu menjadi kado pahit bagi eks penyerang mereka, Wayne Rooney, yang musim ini kembali membela Everton.

Manchester United mampu unggul cepat melalui Antonio Valencia pada awal babak pertama. Memanfaatkan umpan silang Nemanja Matic, Valencia berhasil melancarkan tendangan kaki kanan dari luar kotak pinalti yang menembus gawang Everton pada menit ke-4.

Pada menit ke-27, Romelu Lukaku hampir mencetak gol ke gawang bekas klubnya itu. Sayang tembakannya dari dalam kotak pinalti hanya melebar di sisi kiri gawang. Sepanjang babak pertama, Everton tak dapat berbuat banyak, namun United juga gagal menambah keunggulannya.

Pada babak kedua, skuad Setan Merah kembali mendominasi permainan. Gelandang Juan Mata hampir membuat United unggul pada menit ke-65 melalui tendangan bebas. Naas bagi Mata, bola hanya mengenai tiang kiri gawang Everton.

Pesta 3 gol tambahan United baru terjadi pada 10 menit menjelang laga berakhir. Memanfaatkan umpan matang Lukaku, Henrikh Mkhitaryan yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Jordan Pickford tak menyianyiakan kesempatan dan membawa United unggul 2-0 pada menit ke-83.

Enam menit berselang, giliran Lukaku menjebol gawang Everton. Penyerang asal Belgia itu berhasil menggapai umpan sundulan dari Jesse Lingard dan melancarkan tendangan voli yang menembus gawang.

Pesta gol United ditutup oleh Anthony Martial dari titik pinalti. Manchester United mendapatkan hadiah pinalti setelah Morgan Schneiderlin menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak terlarang.

Hasil itu membuat Manchester United kini menempati puncak klasemen Liga Inggris bersama dengan Manchester City. Kedua tim sama-sama mengumpulkan 13 angka dari 5 laga dan memiliki selisih gol yang juga sama, 16 memasukan berbanding 2 kemasukan.