Semifinal Indonesia vs Thailand, ke Final Bukan Mustahil

Sepak bola tidak dapat diprediksi dan itulah mengapa membuat pertandingan ini begitu hebat.

Siapa yang akan berpikir skenario seperti itu terjadi tadi malam 9Rabu, 13/9/2017) di Grup B Piala AFF U18?

Tiga tim Vietnam, Indonesia dan Myanmar berjuang untuk dua tempat yang tersedia ke semifinal turnamen tahun ini dengan Vietnam di puncak klasemen setelah beberapa pertunjukan hebat di pertandingan sebelumnya.

Vietnam duduk cantik di puncak klasemen, bertengger dengan nyaman memiliki rekor sempurna dari tiga kemenangan dari tiga pertandingan. Bahkan wartawan mereka baru saja tiba di Yangon beberapa jam sebelum dimulainya bentrokan Vietnam melawan Myanmar.

Dan mereka tentu saja tidak bisa meminta awal yang lebih baik selain memiliki gol dalam waktu kurang dari semenit setelah pertandingan melawan Myanmar dimulai saat Nguyen Hong Son mencetak gol melalui sundulan.

Namun, akhirnya, dalam tempo 11 menit di babak kedua, semua berubah. Myanmar membuktikan tak ada yang mustahil di sepakbola. Mereka menghasilkan dua gol dan membuat Vietnam tersingkir. Myanmar ke semifinal. Tragis. “Kami sangat beruntung malam ini,” kata Zaw Zaw, Presiden Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF) setelah pertandingan. “Anakanak memberi semua dan hanya itulah yang kita harapkan.”

Ya itulah sepakbola. Unik. Sulit diterka. Begitu pun hasil Indonesia melawan Thailand di semifinal, Jumat (15/9/2017) pukul 15.30 WIB bukan 18.30 WIB di Stadion Thuwunna, Yangon.

Kedua tim samasama mempunyai peluang lolos ke final. “Ada kekhawatiran bahwa kita tidak bisa mendapatkan tujuan yang kita inginkan. Sekarang kita akan memiliki pertandingan ketat lainnya [melawan Thailand, “kata pelatih kepala Indra Sjafri setelah pertandingan. “Sepak bola sangat tidak bisa ditebak.”

“Pemain saya pesan jangan jemawa dan fokus terus di setiap laga. Mohon doa dan dukungannya agar kami juara Piala AFF U18 2017 ini,” kata Manajer Timnas U19, Roni Fauzan.