Wayne Rooney Putuskan Pensiun dari Timnas Inggris

Striker Wayne Rooney telah resmi memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Inggris, Rabu (23/8/2017).

Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, menelepon Rooney pada hari Selasa (22/8/2017) untuk mengatakan bahwa dia ingin menyertakan sang striker ke dalam skuad.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari performa Rooney yang tampil baik bersama Everton pada lagalaga awal Premier League musim ini.

Namun, mantan kapten Manchester United itu memutuskan tidak akan bermain lagi untuk negaranya setelah memberi tahu Southgate soal keputusannya untuk pensiun dari sepak bola internasional, dalam percakapan telepon yang sama.

“Sangat menyenangkan bahwa Gareth Southgate menelepon saya minggu ini untuk memberi tahu bahwa dia menginginkan saya kembali ke skuad Inggris untuk pertandingan yang akan datang. Saya sangat menghargai itu,” kata Rooney dalam sebuah pernyataan yang dilansir Press Association Sport.

“Namun, setelah sudah lama berpikir keras, saya mengatakan kepada Gareth Southgate bahwa sekarang saya memutuskan untuk pensiun dari sepak bola internasional,” ujarnya.

53 goals. 119 games. Forever a #ThreeLions legend.

Thank you, @WayneRooney. pic.twitter.com/j5iT6XHJKz

England (@England) 23 Agustus 2017

Rooney mengatakan bahwa pensiun dari tim nasional Inggris adalah keputusan yang sulit.

“Ini adalah keputusan yang sangat sulit dan yang telah saya diskusikan dengan keluarga saya, manajer saya di Everton, dan mereka yang paling dekat dengan saya,” ujarnya.

“Bermain untuk timnas Inggris selalu spesial bagi saya. Setiap kali saya terpilih sebagai pemain atau kapten adalah hak istimewa yang nyata dan saya berterima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya. Namun, saya percaya sekarang adalah waktunya untuk pensiun dari timnas,” ujarnya.

Rooney telah membela timnas Inggris sebanyak 119 kali. Penyerang berusia 31 tahun itu adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa tim nasional Inggris, yakni dengan torehan 53 gol.