MU Memburu Kemenangan Saat Jumpa FC Basel

Manchester United (MU) akan memulai perjuangan mereka di Liga Champions Eropa musim 2017/2018 pada laga pembuka grup A, Selasa (12/9) malam waktu London atau Rabu dini hari WIB. Dalam laga pembuka ini, Setan Merah akan menjamu lawannya, FC Basel 1893 dari Swiss di Stadion Oldtrafford. Grup A ini diisi oleh empat klub yakni FC Basel, Benfica, CSKA Moskwa, dan MU.

Setelah absen pada tahun lalu di gelaran Liga Champions Eropa, Manchester United tampaknya sudah siap untuk kembali berlaga sekaligus merebut juara di ajang sepak bola bergengsi di Eropa. Hal ini terlihat dari sikap manajernya, Jose Mourinho yang tak terlalu memikirkan hasil akhir pekan lalu di liga domestik di mana mereka hanya mampu bermain imbang 2-2 saat bertamu ke kandang Stoke City, Sabtu lalu.

Manajer internasional asal Portugal ini juga sudah mengisyaratkan akan melakukan sejumlah rotasi pada pertandingan Selasa malam atau Rabu dini hari WIB tersebut. Pada laga ini, Mourinho tampaknya akan menurunkan pemain baru yang didatangkan saat transfer musim panas ini yakni Nemanja Matic, Victor Lindelof, dan Romelu Lukaku.

Laga ini juga akan digunakan oleh Lindelof untuk meyakinkan Mourinho agar mendapatkan jatah bermain regular di liga domestik mengingat sejak datang ke Oldtrafford, ia belum pernah mendapatkan menit bermain.

Mourinho sendiri sudah memastikan akan memainkan Lindelof yang diduetkan dengan Chris Smalling di benteng pertahanan MU untuk menggantikan posisi Phil Jones dan Eric Bailly.

Di lini serang, Mourinho tampaknya akan memilih Anthony Martial yang tak dimainkan saat melawan Stoke City Sabtu lalu. Sementara itu, Marouane Fellaini, Luke Shaw, dan Ashley Young tampaknya masih tetap akan dimainkan oleh Mourinho pada laga nanti.

Sementara itu, FC Basel menatap laga melawan MU ini dengan hasil yang kurang memuaskan di liga domestik di mana pada pertandingan akhir pekan lalu, mereka kalah 1-2 dari Lausanne Sport. Untuk sementara, FC Basel berada di posisi ketiga klasemen sementara Super League Swiss.

FC Basel sendiri maju ke Liga Champions Eropa setelah mereka menjuarai Super League Swiss musim lalu. Pada tahun lalu, mereka juga bertarung di Liga Champions tapi gagal melewati fase grup di mana mereka berada satu grup dengan Arsenal, PSG, dan Ludogorets.

Basel boleh saja menjadi jawara di liga domestik, tetapi bertarung di Liga Champions Eropa tentu saja memiliki atmosfer yang berbeda. Kendati demikian, FC Basel juga ingin membuktikan bahwa mereka pantas berada di Liga Champions Eropa. Karena itu, mereka pun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan bertarung di Liga Champion ini dengan bermain ngotot dan berupaya untuk memetik kemenangan.

Kendati MU sedikit lebih diunggulkan dibanding FC Basel dalam laga pembuka grup A Liga Champion Eropa ini, namun sesungguhnya rekor pertemuan kedua tim sangatlah berimbang. Dalam empat pertemuan terakhir mereka, MU hanya mampu meraih satu kemenangan, dua kali seri, dan sekali kalah.

Hal ini membuktikan bahwa pasukan Raphael Wicky tidak boleh dipandang sebelah mata oleh MU jika tidak ingin menelan kekalahan dari klub yang berbasis di stadion St. Jakob-Park tersebut.

MU sendiri juga memiliki motivasi yang kuat menghadapi laga ini sebagai pembuktian bahwa mereka memang pantas berada di deretan papan atas klub top Eropa. Apalagi, musim lalu mereka sama sekali tak lolos untuk bertarung di Liga Champion Eropa.

Selain itu, laga ini juga akan menjadi ajang balas dendam MU atas hasil seri yang mereka raih di liga domestik akhir pekan lalu.

Dengan motivasi ini, MU akan bermain ngotot untuk mengamakan 3 poin untuk memuluskan jalan mereka menuju tangga juara.

Karena itu, pertandingan MU vs FC Basel ini akan menjadi ajang pembuktian siapa sesungguhnya yang paling pantas berada di Liga Champion Eropa yang dihuni klub-klub papan atas Eropa tersebut.