Iwan Setiawan Sebut Kualitas Wasit Asing Parah

Usai Borneo ditahan imbang Bali United, Iwan Setiawan menyerang kualitas wasit asing.

Borneo FC ditahan imbang Bali United di markas mereka sendiri, Stadion Segiri, pada pekan ke-23 Liga 1 2017, Senin (11/9) malam WIB. Kedua tim harus mengakhiri laga sama kuat tanpa gol pada laga yang dipimpin wasit asing tersebut.

Pelatih Borneo Iwan Setiawan menyoroti kualitas wasit asal Kyrgyzstan Rysbek Shekerbekov, yang dinilainya tak punya kualitas bagus seperti yang diharapkan dari wasit impor. Total lima kartu kuning dikeluarkan wasit pada laga itu.

“Saya melihat kasian abang-abang di PT Liga (Indonesia Baru, operator Liga 1) mendatangkan wasit dari luar, tali kualitasnya parah sekali. Rasanya saya harus obyektif. Jadi menurut saya tidak ada kualitas,” beber Iwan dikutip Tribun Kaltim.

“Harusnya wasit asing jadi panutan. Saya tahu peraturan wasit, law of the game. Jadi ini memperburuk kualitas liga. Tolong ditulis,” seru pelatih yang dikenal dengan pernyataan kontroversial dan belakangan menyerang timnas Indonesia U-19 itu.

Kendati gagal meraih tiga poin penuh di markas mereka sendiri, hasil ini membuat Borneo menjadi tim yang berhasil menghentikan laju Bali United yang selalu meraih poin sempurna pada empat pertai sebelumnya.

Pesut Etam pun sukses menghambat rekening gol dari bomber asing Bali United Sylvano Comvalius yang selalu membukukan gol dalam 12 partai secara beruntun. Borneo kini berada di posisi 11 klasemen dengan 33 poin dari 23 penampilan.